Preview Barcelona vs Napoli: Testing Bomber

FAJAR.CO.ID, MICHIGAN—Barcelona akan melakoni laga pramusim terakhir kontra Napoli di Michigan Stadium. Pertandingan ini mestinya dimanfaatkan Ernesto Valverde untuk menguji starter yang akan turun di laga pembuka musim La Liga.

Raksasa Catalan sejauh ini sudah melakoni empat pertandingan uji coba pramusim. Dan laga menghadapi Napoli, Minggu, 11 Agustus, besok subuh akan menjadi laga pamungkas mereka sebelum menghadapi Athletic Bilbao di San Memes.

Karena itu, laga ini akan menjadi ajang testing pemain utama Blaugrana yang disiapkan untuk kompetisi resmi, 17 Agustus mendatang. Khususnya para bomber yang sejauh ini belum memperlihatkan performa positif.

Pada empat pertandingan sebelumnya, Barca total hanya mampu menjaringkan tujuh gol. Dari jumlah itu, hanya tiga yang lahir dari barisan penyerang. Striker muda, Carles Perez mencetak dua gol ke gawang Vissel Kobe. Sedangkan Luis Suarez menceploskan satu gol ke gawang Arsenal di ajang Joan Gamper Trophy.

Empat gol Los Cules lainnya lahir dari pemain yang beroperasi di sektor gelandang; Ivan Rakitic (2 gol) dan Sergio Busquest serta bunuh diri pemain Arsenal, Ainsley Maitland-Niles. Fakta ini jelas sedikit mencemaskan mengingat Bilbao yang jadi lawan pertama di La Liga punya tradisi merepotkan Barca di San Memes.

Lionel Messi yang tidak disertakan dalam tur Amerika Serikat kembali akan absen di pertandingan ini. Makanya, hampir bisa dipastikan dua slot lini serang menghadapi Napoli dalam pertemuan kedua mereka dalam empat hari akan jadi milik Luis Suarez dan Antoine Griezmann.

Akan bermain bersama Perez atau Ousmane Dembele, kedua penyerang utama ini diharapkan akan bisa mulai menunjukkan kerjasama yang bagus dan kembali menemukan insting golnya. Khususnya Griezmann yang dalam empat laga awalnya masih mandul.

Terlepas dari fakta bahwa mereka minim gol, Valverde mengklaim bahwa barisan penyerangnya sudah memperlihatkan tanda-tanda bagus saat menang 2-1 atas Napoli di Miami. “Kami telah mengambil beberapa hal positif [dari permainan ini]. Kami telah menghasilkan banyak [peluang],” katanya di MARCA.

Valverde menekankan bahwa ini adalah tentang memberi para pemain menit bermain. “Saya akan mencoba memainkan semua pemain. Beberapa sudah menjadi starter dan yang lain akan melakukannya pada hari berikutnya. Idenya adalah untuk mengumpulkan menit sebanyak mungkin,” jelasnya.

Suarez juga mengaku tidak khawatir dengan daya dobrak Barca dan kesulitannya membangun chemistry dengan Griezmann di lini depan. “Itu adalah pertandingan kedua yang kami mainkan bersama dan ini baru awal dari apa yang akan kami lakukan musim ini,” tegasnya.

Walau begitu, ia berharap mitra barunya bisa segera beadaptasi dengan permainan Barcelona. “Dia harus beradaptasi dengan gaya Barcelona dan itu tidak mudah sama sekali. Awalnya, hal itu sangat mahal bagi semua orang. Tapi dia pemain yang sangat cerdas dan kami berharap dia beradaptasi secepat mungkin,” ujar Suarez.

Eks striker Liverpool tersebut juga sebenarnya belum maksimal. Namun, Suarez berdalih ia masih kelelahan karena baru bergabung dalam latihan pekan lalu. “Menit-menit awal pramusim sulit. Tapi saya akan mencoba menemukan langkah secepat mungkin untuk memulai La Liga,” jelasnya.

Di pihak Napoli yang ditunggu Fiorentina dan Juventus di dua laga awal Serie A, mereka berharap laga ini bisa menjadi ujian bagus. Pelatih Carlo Ancelotti, mengatakan, Barca adalah lawan berat sehingga sangat cocok untuk persiapan mereka menyambut awal musin yang berat.

“Seperti biasa mereka adalah tim yang menggerakkan bola dengan sangat baik, yang memiliki banyak kualitas. Saat Anda tidak memiliki sistem terorganisir yang baik, mereka dapat menyakiti Anda. Barcelona selalu tim yang hebat, selalu sama,” ujarnya.

Ancelotti diprediksi akan menurunkan formasi yang mirip seperti di pertemuan pertama. Sebaliknya, Barca akan melakukan perubahan drastis. Nama-nama pemain muda seperti Moussa Wague, Jean-Clair Todibo, hingga Ricard Puig dipastikan harus memberi tempat kepada Gerard Pique, Nelson Semedo, dan Frenkie De Jong. (amr)

Prakiraan Pemain

Barcelona (4-3-3): Stegen; Semedo, Lenglet, Pique, Alba; De Jong, Busquets, Rakitic; Griezmann, Suarez, Dembele

Napoli (4-4-2): Meret; Di Lorenzo, Manolas, Maksimovic, Rui; Callejon, Zielinski, Elmas, Insigne; Milik, Mertens

 

Head to head

08/08/19 Barcelona 2-1 Napoli

23/08/11 Barcelona 5-0 Napoli

Pramusim Napoli

08/08/19 Barcelona 2-1 Napoli

05/08/19 Marseille 0 – 1 Napoli
29/07/19 Liverpool 0 – 3 Napoli
24/07/19 Napoli 3 – 3 Cremonese
19/07/19 Napoli 5 – 0 FeralpiSalò
13/07/19 Napoli 1 – 2 Benevento

Pramusim Barcelona
08/08/19 Barcelona 2-1 Napoli

05/08/19 Barcelona 2 – 1 Arsenal FC

27/07/19 Vissel Kobe 0 – 2 Barcelona
23/07/19 Barcelona 1 – 2 Chelsea

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir