Pelecehan Seksual di Klub Terungkap, Chelsea Minta Maaf

by
Foto: Tom Dulat/Getty Images

FAJAR.CO.ID, LONDON—Chelsea meminta maaf tanpa syarat setelah sebuah laporan menemukan bahwa pemain muda mereka menjadi sasaran pelecehan seksual selama bertahun-tahun oleh mantan kepala pencari bakat Eddie Heath.

Investigasi baru-baru ini tentang pelecehan seksual dalam sepak bola ini telah menciptakan apa yang oleh ketua Asosiasi Sepakbola, Greg Clarke, gambarkan sebagai krisis terbesar dalam sejarah olahraga.

Menurut kesaksian 23 saksi, Eddie Heath melecehkan anak laki-laki berusia antara 10 dan 17 pada tahun 1970-an. Heath sendiri meninggal pada tahun 1983. Pelecehan seksual itu diklaim diketahui sejumlah pihak di klub itu namun mereka menutup mata.

Dalam sebuah pernyataan yang dipublikasikan bersamaan dengan temuan tersebut, dewan Chelsea mengatakan bahwa klub akan mendukung sepenuhnya mereka yang terkena dampak. The Blues juga menegaskan berkomitmen memastikan bahwa penyalahgunaan yang menjijikkan seperti ini tidak akan pernah terjadi lagi.

BBC mengatakan mantan asisten manajer Dario Gradi mengetahui pelecehan seksual ini dari orangtua pemain. Namun ia tidak memperlihatkan upaya maksimal untuk memberitahu staf klub senior tentang perilaku seksual Heath. Hal itu membuat pencegahan penyalahgunaan lebih lanjut tidak bisa dilakukan.

Dalam bukti ulasannya, Gradi, yang kini berusia 78 tahun, mengatakan ia melaporkan dugaan tersebut kepada asisten manajer klub. Ia juga membantah berusaha menyelesaikan masalah itu dalam sebuah pertemuan dengan ayah bocah itu meski ia mengakui tidak punya niat untuk membuat Eddie Heath bermasalah.

The Guardian mengatakan karier panjang Gradi bisa berakhir dengan memalukan karena masalah ini. Gradi, yang saat ini diskors oleh Asosiasi Sepakbola sedang menghadapi pertanyaan tentang skandal Barry Bennell di Crewe Alexandra.

Sir Geoff Hurst, salah satu dari anggota tim Inggris yang memenangkan final Piala Dunia 1966, menolak untuk bekerja sama dalam penyelidikan, meskipun ia menjadi manajer Chelsea ketika Heath dipecat pada 1979. (amr)

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *