Tebakan Jitu Gubernur dan Mitos yang Dilanggar Riko Simanjuntak

by
PSM juara Piala Indonesia/Farisal/Fajar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR—PSM Makassar menjadi kampiun Piala Indonesia 2018 usai mengalahkan Persija Jakarta dengan skor 2-0 di leg kedua babak final, Selasa, 6 Agustus. Kemenangan itu memastikan PSM unggul angregat 2-1 setelah hanya kalah 0-1 di leg pertama.

Banyak cerita yang kemudian mengikuti sukses ini. Selain penundaan leg kedua 27 Agustus lalu yang menghebohkan Indonesia, juga ada cerita-cerita lain yang tak kalah menarik. Khususnya di partai final.

Yang pertama adalah tebakan skor Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah. Dalam sambutan di Hotel Claro Makassar jelang pertandingan leg kedua, sang gubernur memprediksi PSM akan menang 2-0. Dan itu terbukti benar. “PSM bisa (menang) 2-0 ya. Supaya kita menang,” kata Nurdin Abdullah.

Cerita lain adalah Mitos yang dilanggar Riko Simanjuntak. Sebelum memasuki lapangan, pemain sayap mungil Macan Kemayoran itu menyentuh Piala Presiden saat akan memasuki lapangan. Entah Riko mengetahui mitos ini atau tidak, namun menyentuh piala saat menuju lapangan adalah pamali besar yang diyakini pesepakbola dunia.

Bukti paling anyar sebelumnya adalah final Liga Europa 2018 yang mempertemukan Marseille dengan Atletico Madrid. Saat itu, kapten Marseille, Dimitri Payet terlihat menyentuh piala ketika kedua klub baru saja keluar dari ruang ganti. Marseille pun kalah dan Payet harus menangis.

Apa yang terjadi di Goupama Stadium hari itu sebelumnya pernah terjadi dan menimpa pemain dunia seperti Gennaro Gattuso, Kaka, hingga Santiago Canizares. Dua nama pertama menyentuh piala Liga Champions pada partai puncak menghadapi Liverpool, 2005 silam dimana AC Milan akhirnya kalah.

Keyakinan bahwa menyentuh piala adalah tanda-tanda kesialan juga diakui pemain terbaik dunia, Cristiano Ronaldo. Peraih lima gelar Liga Champions dan Ballon d’Or itu mengatakan dirinya tidak akan pernah menyentuh piala sebelum pertandingan. “Aku tidak pernah menyentuh trofi. Tidak pernah. Karena itu membawa nasib buruk padamu,” kata Ronaldo dalam video yang ditranskrip Mirror 2017 silam. (amr)

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *