Kalahkan Persija 2-0, PSM Juara Piala Indonesia

by
PSM juara Piala Indonesia 2018/Idham AMA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR—PSM Makassar akhirnya mengakhiri paceklik gelar mereka yang sudah berjalan 19 tahun. Itu setelah mereka mengalahkan Persija Jakarta dengan skor 2-0 di leg kedua babak final Piala Indonesia 2018. Dengan kemenangan itu, PSM unggul agregat 2-1 atas Macan Kemayoran. PSM Makassar terakhir kali meraih gelar saat menjadi kampiun Liga Indonesia 2000 saat itu mereka mengalahkan PKT Bontang di final.

Jalannya Pertandingan

PSM Makassar yang kalah 0-1 di leg pertama langsung mengurung pertahanan Persija Jakarta. Hanya dalam waktu tiga menit, Pasukan Ramang pun mampu unggul. Gol dicetak bek, Aaron Evans lewat tandukan memanfaatkan sepak pojok Wiljam Pluim.

Pada menit ke-12, PSM harusnya bisa menggandakan keunggulan setelah Benny Wahyudi berhadapan satu lawan satu dengan kiper Andritany. Sayang, umpan manis Ferdinand Sinaga tidak mampu dimanfaatkan Benny Wahyudi.
PSM Makassar berada di atas angin setelah pemain Persija Jakarta, Sandi Sute mendapat kartu merah di menit ke-32. Wasit Fariq Hitaba asal Jogjakarta memberi kartu kuning kedua yang disusul kartu merah setelah pemain asal Palu itu melakukan pelanggaran keras terhadap Wiljam Pluim. Sebelumnya, Sandi juga mendapat kartu kuning setelah melanggar Pluim di awal babak pertama.

Ferdinand mendapat peluang emas mencetak gol ketika berhasil mengelabui Ryuji Utomo di injury time usai menerima umpan jauh M Arfan. Sayang sekali, tendangan keras Ferdinand hanya menghantam tiang gawang sebelah kanan sebelum bergulir keluar lapangan. Skor 1-0 bagi PSM pun menjadi hasil paruh pertama.

Kembali dari ruang ganti, Pasukan Ramang kembali mencetak gol cepat. Gol kedua PSM dicetak Zulham Zamrun di menit ke-48 lewat tandukan kepala memaksimalkan umpan jauh dari Aaron Evans.

Belum aman dengan keunggulan 2-0, PSM terus menyerang. Sebaliknya, Persija Jakarta memasukkan penyerang gaek Bambang Pamungkas. Penyelamatan gemilang dilakukan Rivky Mokodompit di menit ke-85 saat memblok sundulan Marko Simic.

Ferdinand harusnya bisa mengakhiri perlawanan Persija ketika berhasil lolos dari jebakan ofside dan berhadapan langsung dengan Andritany. Sayang, tendangan Ferdinand melenceng di sisi kiri gawang yang sudah kosong ditinggalkan Andritany. Tidak ada lagi peluang bagus setelah itu dan skor 2-0 menjadi hasil akhir. Selamat PSM. Ewako! (amr)

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *