Wasit Wanita yang Pimpin Piala Super Eropa Ternyata “Galak”

by
Stephanie Frappart/AFP/Getty Images

FAJAR.CO.ID, ISTANBUL—Untuk pertama kalinya, Piala Super Eropa yang akan mempertemukan Chelsea dan Liverpool di Istanbul, 11 Agustus mendatang dipimpin wasit wanita. Ia bernama Stephanie Frappart. Pengadil asal Prancis itu akan bertugas bersama hakim garis, Manuela Nicolosi dan Michelle O’Neal.

Meski seorang wanita, Stephanie ternyata cukup “galak” sebagai wasit. Data yang dikutip dari Transfermark, ia tercatat sudah mengeluarkan 21 kartu merah dalam 142 pertandingan yang dipimpinnya. Sebelas dari kartu merah itu merupakan kartu merah langsung. Khusus kartu kuning, ia tercatat sudah mengeluarkan total 358 dari seluruh laga yang dipimpinnya. Selain itu, ia pernah memberi hukuman penalti 26 kali.

Pierre Bouby, pemain AS Orleans dalam wawancara LCI, April lalu mengatakan, Stephanie Frappart adalah sosok wasit yang adil dalam mengambil keputusan. “Dia memiliki karisma dan kepribadian. Dia adalah wasit yang serius dan adil dalam keputusannya. Dia objektif. Ia juga seorang diplomat dan bagus dalam dialog. Dia menggunakan kata-kata yang tepat, dia meluangkan waktu untuk menjelaskan,” katanya.

Ia menggaransi Stephanie lebih dari layak menjadi seorang wasit. “Ada rasa saling menghormati di antara kita. Mungkin itu sebabnya saya kurang agresif ketika dia salah. Saya menemukan dia hanya kompeten dalam apa yang dia lakukan. Dia tentu saja lebih dari beberapa wasit pria yang sudah memimpin di Ligue 1,” jelasnya.

Stéphanie Frappart masuk dalam Daftar Wasit Internasional FIFA sejak 2009. Di 2011, Frappart telah menjadi wasit pertandingan di Championnat National, divisi ketiga sepakbola pria di Prancis.  Dikutip dari Wikipedia, wasit berusia 35 tahun kelahiran 14 Desember 1983 itu pada 2014 menjadi wanita pertama yang menjadi wasit di Ligue 2, tingkat kedua sepakbola pria profesional di Prancis.

Setelah bertugas sebagai wasit di Piala Dunia Wanita FIFA 2015 di Kanada, pada 3 Desember 2018 Frappart ditunjuk memimpin di Piala Dunia Wanita 2019 di Prancis. Pada bulan April 2019, ia diumumkan menjadi wasit wanita pertama di Ligue 1 dimana pada 28 April ia memimpin pertandingan Ligue 1 pertamanya kala SC Amiens menghadapi RC Strasbourg.

“Saya telah mengatakan dalam banyak kesempatan bahwa potensi sepakbola wanita tidak memiliki batas dan saya senang Stephanie Frappart telah ditunjuk untuk memimpin di Piala Super UEFA tahun ini bersama dengan asisten wasit Manuela Nicolosi dan Michelle O’Neal,” kata Presiden UEFA, Aleksander Ceferin di ESPN. (amr)

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *