Wasit Wanita Pimpin Laga Liverpool-Chelsea di Piala Super Eropa

FAJAR.CO.ID, ISTANBUL—Laga Piala Super Eropa yang mempertemukan Chelsea dan Liverpool di Istanbul, 11 Agustus mendatang akan dipimpin wasit wanita bernama Stephanie Frappart dari Prancis. Ia akan berugas bersama hakim garis, Manuela Nicolosi dan Michelle O’Neal.

Stéphanie Frappart masuk dalam Daftar Wasit Internasional FIFA sejak 2009. Di 2011, Frappart telah menjadi wasit pertandingan di Championnat National, divisi ketiga sepakbola pria di Prancis.  Dikutip dari Wikipedia, wasit berusia 35 tahun kelahiran 14 Desember 1983 itu pada 2014 menjadi wanita pertama yang menjadi wasit di Ligue 2, tingkat kedua sepakbola pria profesional di Prancis.

Setelah bertugas sebagai wasit di Piala Dunia Wanita FIFA 2015 di Kanada, pada 3 Desember 2018 Frappart ditunjuk memimpin di Piala Dunia Wanita 2019 di Prancis. Pada bulan April 2019, ia diumumkan menjadi wasit wanita pertama di Ligue 1 dimana pada 28 April ia memimpin pertandingan Ligue 1 pertamanya kala SC Amiens menghadapi RC Strasbourg.

“Saya telah mengatakan dalam banyak kesempatan bahwa potensi sepakbola wanita tidak memiliki batas dan saya senang Stephanie Frappart telah ditunjuk untuk memimpin di Piala Super UEFA tahun ini bersama dengan asisten wasit Manuela Nicolosi dan Michelle O’Neal,” kata Presiden UEFA, Aleksander Ceferin di ESPN. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir