Tuduh CONMEBOL Korupsi, Messi Didenda Rp20 Juta

FAJAR.CO.ID, BUENOS AIRES—Argentina tidak harus kehilangan kaptennya, Lionel Messi untuk waktu yang lama. Buntut kartu merah dan protes kerasnya di Copa America 2019, sang superstar hanya mendapat hukuman larangan bermain satu laga dan denda 1500 dolar atau sekitar Rp20 juta.

Karena cuma satu pertandingan, berarti Messi hanya akan melewatkan satu laga kualifikasi Piala Dunia 2020. Hanya saja, belum diketahui pertandingan apa yang akan dilewatkan El Messiah karena jadwal kualifikasi Piala Dunia 2022 belum diumumkan.

Sebelumnya, banyak yang memprediksi Messi akan mendapat hukuman cukup berat setelah melontarkan komentar pedas terhadap CONMEBOL. Pasalnya, ada sebuah peraturan yang menegaskan bahwa kritik terhadap organisasi tersebut dapat dikenai larangan bermain cukup lama.

Laporan yang dikutip dari Goal, sanksi satu laga pada Messi hanya untuk kartu merah yang ia dapatkan pada laga kontra Cile dalam perebutan tempat ketiga. Saat itu, ia terlibat cekcok dengan kapten Cile, Gary Medel.

Sedangkan untuk denda $ 1500, itu khusus untuk komentar pedasnya pada CONMEBOL dimana Messi menuduh ada “korupsi” di dalam federasi yang berkaitan dengan turnamen Copa America. Ia menyebut Brasil sengaja dipaksakan untuk menjadi juara dengan kepemimpinan wasit dan penggunaan VAR.

“Tidak ada keraguan, semuanya diatur untuk Brasil. Saya tidak ingin menjadi bagian dari korupsi ini, kita tidak harus menjadi bagian dari rasa tidak hormat yang kita alami selama Copa America. Kami bisa melangkah lebih jauh tetapi kami tidak diizinkan masuk ke final. Korupsi, wasit, dan yang lainnya menghentikan orang untuk menikmati sepak bola,” kata Messi kala itu.

CONMEBOL sendiri dalam pernyataan mereka menuduh Messi kurang hormat. “Dalam sepakbola kadang-kadang Anda menang dan kadang-kadang Anda kalah dan menerima hasil pertandingan dengan rasa hormat adalah pilar mendasar dari permainan yang adil. Hal yang sama berlaku untuk keputusan wasit, yang manusiawi dan tidak akan pernah sempurna,” jelas CONMEBOL. (Live Soccer TV/Goal/amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir