Preview Cile vs Uruguay: Bigmatch Sarat Dendam – Fajar Sport
News Update

Preview Cile vs Uruguay: Bigmatch Sarat Dendam

FAJAR.CO.ID, RIO DE JANEIRO—Cile dan Uruguay akan bentrok dalam laga terakhir Grup C Copa America 2019 di Estadio Do Maracana. Status juara bertahan Cile dan Uruguay selaku kolektor gelar terbanyak plus insiden masa lalu menjadikan ini sebagai duel besar.

Uruguay dan pendukung mereka tidak akan pernah bisa melupakan kontroversi Copa America 2015 di Cile. Saat itu, mereka secara disingkirkan Cile di delapan besar dengan skor 0-1 setelah Edinson Cavani dan Jorge Fucile dikartu merah.

Pengusiran Cavani adalah yang paling kontroversial karena ia menerima kartu kuning kedua karena mengibaskan tangan ke wajah pemain belakang Cile Gonzalo Jara yang melakukan pelecehan seksual kepadanya. Saat itu, Jara yang menyentuh bokong Cavani dengan jarinya lolos dari hukuman.

Emosi pemain Uruguay yang dijebol Mauricio Isla di 10 menit terakhir semakin membuncah ketika Fucile juga diusir dari lapangan. Kejadian di menit akhir itu memicu konfrontasi massal yang melibatkan para pemain dan ofisial kedua belah pihak.

Setelah pertandingan itu, Cavani dan Jara sama-sama dihukum dengan larangan dua pertandingan. Sementara pelatih Uruguay, Oscar Tabarez, yang memasuki lapangan selama keributan diskors selama tiga pertandingan karena menghina wasit.

Itu bukan pertama kalinya pemain Uruguay menjadi korban serangan seksual kontroversial yang dilakukan Jara. Pada 2013, ketika kedua negara bertemu di kualifikasi Piala Dunia 2014, Jara menyentuh testis Luis Suarez yang dibalas dengan pukulan oleh bomber Barcelona itu.

Untungnya, Jara kemungkinan tidak bisa lagi memicu keributan kali ini, karena pemain berusia 33 tahun itu bukan lagi starter seperti sebelumnya. Akan tetapi, memori masa lalu tetap bisa memantik bara panas di Rio de Janeiro, dinihari nanti.

Apalagi, pertandingan ini juga tentang gengsi. Seperti diketahui, siapapun pemenangan pertandingan ini akan menjadi juara Grup C. Makanya, kedua kubu sangat antusias menyongsong laga terakhir mereka di fase grup ini.

“Kami tahu bahwa Cile memiliki rencana permainan yang baik, kami sudah mengetahuinya untuk waktu yang lama: mereka dipoles dengan baik. Kami tahu saingan seperti apa Cile. Tetapi, ketika Anda turun ke lapangan, satu-satunya hal yang Anda inginkan adalah menang,” tegas Cavani di Business Standard.

Pelatih Uruguay, Oscar Washington Tabarez menegaskan, laga di Copa America sangat sulit. Karena itu, Uruguay yang meraih empat poin di dua laga awal bukanlah favorit juara. Meski begitu, ia menegaskan kesiapan anak asuhnya menghadapi Cile.

“Sepak bola sangat kompleks, banyak faktor yang mempengaruhi kinerja, karena faktor-faktor terkait, tidak begitu mudah untuk bermain sepak bola, mengarahkan atau memainkannya, itu sangat kompleks, saya memahaminya,” katanya di Xinhua.

Walau sudah pasti lolos ke delapan besar, pemain utama Cile menegaskan keinginan mereka menghadapi Uruguay yang menjadi kolektor 15 gelar Copa America. “Saya selalu ingin memainkan semua pertandingan,” tegas gelandang Cile, Arturo Vidal di AS.

Kedua belah pihak mungkin kehilangan pemain kunci. Uruguay boleh jadi tanpa bek sayap Diego Laxalt dan gelandang Matias Vecino karena cedera. Sementara Cile memiliki keraguan atas Vidal dan Sanchez. “Kami harus menghindari mengambil risiko,” jelas Pelatih Cile, Reinaldo Rueda.

Uruguay memiliki rekor pertemuan yang jauh lebih baik daripada Cile. Dari 83 pertemuan terdahulu, mereka menang 45 kali dan hanya kalah 18 kali. Tetapi Cile memenangkan dua duel terakhir mereka. (amr)

Prakiraan Pemain

Uruguay (4-4-2): Muslera; Caceres, Gimenez, Godin, Coates; Nandez, Torreira, Bentancur; Lodeiro; Suarez, Cavani

Cile (4-3-3): Arias; Isla, Medel, Maripan, Beausenjour; Aranguiz, Pulgar, Hernandez; Fuenzalida, Vargas, Castillo

Head to head

15/11/16 Cile 3-1 Uruguay

17/11/15 Uruguay 3-0 Cile

25/06/15 Cile 1-0 Uruguay

19/11/14 Cile 1-2 Uruguay

26/03/13 Cile 2-0 Uruguay

Lima pertandingan terakhir Cile

22/06/19 Ekuadord 1-2 Cile

18/06/19 Jepang 0-4 Cile

07/06/19 Cile 2-1 Haiti

27/03/19 AS 1-1 Cile

23/03/19 Meksiko 3-1 Cile

Lima pertandingan terakhir Uruguay

21/06/19 Uruguay 2-2 Jepang

16/06/19 Uruguay 4-0 Ekuador

08/06/19 Uruguay 3-0 Panama

25/03/19 Uruguay 4-0 Thailand

22/03/19 Uruguay 3-0 Uzbekistan

PEMAIN KUNCI

CILE

Top ratings

Alexis Sanchez: 8,6

Erick Pulgar: 8,56

Charles Aranguz: 8,48

Top goals

Eduardo Vargas: 2

Alexis Sanchez: 2

Jose Pedro Fuenzalida: 1

Top assist

Charles Aranguz: 3

Mauricio Isla: 1

Alexis Sanchez: 1

URUGUAY

Top ratings

Luis Suarez: 8,28

Nicolas Lodeiro: 7,88

Rodrigo Bentancur: 7,81

Top goals

Luis Suarez: 2

Edinson Cavani: 1

Nicolas Lodeiro: 1

Top assist

Luis Suarez: 1

Martin Caceres: 1

Diego Godin: 1

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!