Preview Brasil vs Venezuela: Awas Dicemooh Lagi!

by

FAJAR.CO.ID, SALVADOR—Brasil berharap tak lagi dicemooh pendukung mereka pada laga kedua Grup A Copa America 2019. Tidak ada pilihan lain, mereka harus mencetak gol cepat ke gawang Venezuela.

BUTUH waktu 50 menit bagi Brasil untuk menjebol gawang Bolivia di partai pembuka Brasil, Sabtu lalu. Ketidakmampuan Dani Alves dan kawan-kawan menunjukkan performa beringas memantik munculnya ejekan pendukung hampir sepanjang babak pertama.

Beruntung, Selecao mendapat hadiah penalti yang kemudian dieksekusi dengan sempurna oleh Philippe Coutinho. Setelah itu, pasukan Tite menambah dua gol lagi melalui Coutinho dan pemain pengganti, Everton.

Jelas situasi sama tidak boleh berulang kala mereka menghadapi Venezuela di Arena Fonte Nova, besok pagi. Makanya, Coutinho dan kawan-kawan harus menunjukkan insting predator mereka sejak menit pertama agar bisa memenangkan pertandingan dan mengunci tiket ke babak berikutnya.

“Ketika Anda tidak produktif, Anda tidak berharap para penggemar merasa nyaman dan mendukung Anda. Sepak bola seperti ini, Anda bereaksi dengan emosi. Kami harus memahami ini dan tidak mempertanyakan mengapa mereka melakukannya,” kata Pelatih Brasil, Tite di Marca.

Tite menegaskan, jika penggemar tidak menyukai apa yang mereka lihat, mereka akan bereaksi dan itu masuk akal. Karena itu, ia berharap di laga kontra Venezuela mereka bisa melakukan perbaikan. “Saya punya banyak harapan di setiap pertandingan. Semuanya dalam proses perbaikan dan konsolidasi bagi tim, ini adalah proses hal-hal baik dan buruk yang terjadi, sebuah evolusi,” ujarnya.

Coutinho menjelaskan, laga perdana memang selalu sulit. Namun, ia percaya saat ini mereka sudah bisa tampil lebih baik. “Yang penting adalah menjadi kuat agar kami bisa bermain lebih baik. Itu (laga kontra Bolivia) sulit, seperti semua pertandingan pembuka di turnamen,” tegasnya.

Bermain di negara bagian tempat ia dilahirkan, Kapten Brasil, Dani Alves sangat antusias menyongsong laga ini. “Kami di sini untuk bermain, bukan untuk membuang waktu. Kami tidak di sini karena kami terlihat lebih bagus dengan jersey tim. Kami datang ke sini untuk sebuah misi yang kami hadapi dengan sangat serius. Saatnya bersatu,” kata Alves di AS.

Untuk pertandingan ini, beberapa media menyebut Arthur Melo kemungkinan akan bermain sejak awal untuk mengisi tempat Fernandinho. Sementara posisi lainnya tidak akan berubah termasuk lini serang yang dipimpin Roberto Firmino, Richarlison, dan David Neres.

Imbang 0-0 kontra Peru di laga perdana, Pelatih Venezuela, Rafael Dudamel mengatakan siap menantang tuan rumah. Akan tetapi, ia memastikan mereka tidak akan bermain terbuka. “Bermain sebagai tim yang selevel melawan Brasil itu konyol karena kami tahu kemampuannya. Ini tidak berarti bahwa kami akan menumpuk pemain di daerah kami untuk bertahan karena kami sudah melihat apa yang terjadi pada Bolivia,” tegasnya di Venezolana de Televisión.

“Kami harus mencoba memainkan permainan kami dengan pertahanan yang baik. Kami akan menghadapi saingan yang selain bermain sangat bagus, secara fisik juga sangat kuat. Anda harus bermain dengan rasa hormat dan kekaguman, tetapi tanpa kerumitan,” tandasnya.

Kiper Venezuela, Wuilker Farínez menambahkan, hasil imbang melawan Peru menjadi modal mereka menghadapi Brasil. “Hasil imbang sangat berharga bagi kami dan sekarang kami harus memperbaiki detail untuk menghadapi Brasil,” katanya di AFP.

Venezuela yang kalah di tiga pertemuan terakhir dengan Brasil tidak bisa diperkuat bek kiri, Luis Del Pino yang mendapat kartu merah melawan Peru. Sebagai gantinya, Dudamel kemungkinan memainkan Ronald Hernandez. (amr)

Prakiraan Pemain

Brasil (4-3-3): Alisson; Alves, Marquinhos, Silva, Luis; Casemiro, Arthur, Coutinho; Neres, Firmino, Richarlison

Venezuela (4-3-2-1): Farinez; Rosales, Chancellor, Villanueva, Hernandez; Moreno, Rincon, Herrera; Murillo, Savarino; Jose Salomon Rondon

Head to head

12/10/16 Venezuela 0-2 Brasil

14/10/15 Brasil 3-1 Venezuela

21/06/15 Brasil 2-1 Venezuela

03/07/11 Brasil 0-0 Venezuela

14/10/09 Brasil 0-0 Venezuela

Lima pertandingan terakhir Brasil

15/06/19 Brasil 3-0 Bolivia

09/06/19 Brasil 7-0 Honduras

06/06/19 Brasil 2-0 Qatar

26/03/19 Republik Ceko 1-3 Brasil

23/03/19 Brasil 1-1 Panama

Lima pertandingan terakhir Venezuela

15/06/19 Venezuela 0-0 Peru

09/06/19 AS 0-3 Venezuela

06/06/19 Meksiko 3-1 Venezuela

02/06/19 Venezuela 1-1 Ekuador

22/03/19 Argentina 1-3 Venezuela

TOP PLAYERS

Brasil

Top ratings

Philippe Coutinho: 9,57

Casemiro: 7,96

Filipe Luis: 7,81

Top goals

Philippe Coutinho: 2

Everton: 1

Top assist

Fernandinho: 1

Roberto Firmino: 1

VENEZUELA

Top ratings

Wuilker Farinez: 7,77

Jhon Chancellor: 7,15

Mikel Villanueva: 7,03

Top goals: –

Top assist: –

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *