News Update

Luar Biasa, Liverpool Singkirkan Barcelona di Anfield dan Lolos ke Final

FAJAR.CO.ID, LIVERPOOL—Penampilan sensasional dipertunjukkan Liverpool di leg kedua babak semifinal Liga Champions. Mereka mampu melakukan comeback luar biasa dengan menggasak Barcelona empat gol tanpa balas. The Reds lolos dengan agregat 4-3. Sementara Barcelona kembali menelan pil pahit tersingkir untuk kali keempat secara beruntun di fase kncokout.

Jalannya Pertandingan

Dalam laga di Anfield Stadium, Rabu, 8 Mei, yang berakhir subuh, Liverpool langsung menekan sejak awal. Tanpa Mohamed Salah dan Roberto Firmino, Liverpool mengandalkan Sadio Mane, Divock Origi, dan Xherdan Shaqiri di lini serang.

Tak butuh waktu lama, Liverpool bisa mencetak gol pertama mereka. Diawali serangan dari sektor sayap kanan yang dibangun Sadio Mane, kapten Liverpool, Jordan Henderson berhasil lolos dari pengawalan dan melepaskan tendangan jarak dekat. Bola sempat ditepis kiper Marc Andre Ter Stegen. Namun bola muntah langsung disambar Origi.

Barca yang unggul penguasaan bola punya kans terbaik menyamakan kedudukan di injury time. Namun, Jordi Alba yang berhadapan satu lawan satu dengan kiper Alisson Becker tidak bisa memanfaatkan peluang itu. Bola tendangannya bisa ditepis Alisson. Skor 1-0 menjadi hasil akhir. Agregat sementara 1-3.

Kembali dari ruang ganti, Manajer Liverpool, Juergen Klopp langsung melakukan perubahan strategi. Bek Andrew Robertson ditarik keluar digantikan Georginio Wijnaldum. Masuknya Wijnaldum membuat serangan Liverpool lebih hidup.

Pada menit ke-50, Liverpool nyaris menyamakan kedudukan. Sayang sundulan Virgil van Dijk memanfaatkan sepak pojok Trent Alexander-Arnold bisa ditepis Stegen. Barca balik mengancam beberapa detik berikutnya ketika Luis Suarez lepas dari jebakan offside. Beruntung tendangannya bisa ditepis Alisson.

Anfield bergemuruh di menit ke-53 setelah Wijnaldum mencetak gol kedua Liverpool. Gelandang Belanda itu menaklukkan Marc Andre ter Stegen lewat sontekan kaki kanan jarak dekat memanfaatkan umpan Arnold.

Hanya berselang dua menit, Wijnaldum mencetak gol keduanya. Menerima umpan Xherdan Shaqiri, ia menanduk bola yang tidak bisa dijangkau Stegen. Agregat 3-3. Pertandingan semakin sengit.

Barca kemudian melakukan perubahan dengan menarik keluar Philippe Coutinho di menit ke-60. Ia digantikan bek kanan, Nelson Semedo. Seperti di leg pertama, Sergi Roberto didorong ke tengah dan Semedo di posisi bek kanan untuk mengimbangi kecepatan pemain Liverpool.

Lionel Messi nyaris memperkecil ketertinggalan di menit ke-65. Lepas dari jebakan offside, ia mampu berhadapan dengan kiper. Namun, tendangannya dari sudut sempit bisa digagalkan Alisson dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Pelatih Barca, Ernesto Valverde kembali melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Arthur menggantikan Arturo Vidal di menit ke-74. Namun, bukannya mencetak gol, mereka kembali kebobolan di menit ke-79 lewat skema set pieces.

Arnold yang melakukan sepak pojok dengan cerdik memanfaatkan kelengahan pemain Barcelona. Melihat Origi berdiri bebas di depan gawang, ia langsung menendang bola ke depan gawang. Origi kemudian mencetak gol keempat dengan mudah lewat sontekan jarak dekat. Skor 4-0. Agregat berbalik 4-3 untuk Liverpool.

Butuh gol, Valverde langsung memasukkan Malcom di menit ke-80 menggantikan Ivan Rakitic. Namun, tidak ada gol yang bisa mereka cetak. Skor tidak berubah, Liverpool lolos dengan agregat 4-3. Selamat The Reds. (RCTI/Live Score/amr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!