News Update

Preview Man City vs Spurs: Kandang Angker, Pep Pede ke Semifinal

FAJAR.CO.ID, MANCHESTER—Manchester City percaya diri menyambut kedatangan Tottenham Hotspur di leg kedua babak delapan besar Liga Champions. Walau harus mengejar defisit satu gol, mereka optimis akan lolos ke semifinal.

Keyakinan bisa membalikkan keadaan datang langsung dari Manajer The Citizens, Pep Guardiola. Ia menegaskan bahwa timnya sama sekali tidak panik menyambut leg kedua ini, yang merupakan duel kedua dari tiga bentrokan kontra Spurs dalam empat pertandingan beruntun mereka.

Kalau mencermati hasil kandang The Sky Blues sepanjang 2019, optimisme Pep cukup masuk akal. Seperti diketahui, dalam 12 pertandingan di Etihad Stadium tahun ini, seluruhnya bisa dimenangkan Sergio Aguero dkk.

Dari 12 laga itu, City mencatatkan sembilan cleansheet. Fakta luar biasa lainnya, mereka mencetak 49 gol dan hanya kebobolan tiga kali. Mengingat City hanya butuh kemenangan dua gol, statistik itu jelas mendukung keyakinan Pep yang tidak pernah imbang di kandang.

“Jika Anda bertanya kepada saya apa yang akan terjadi, kami akan berada di semi final; itulah yang saya rasakan saat ini. Itu yang saya rasakan tepat setelah pertandingan dan ketika saya me-review pertandingan. Mungkin saya salah tetapi apa yang saya rasakan sekarang, kami akan berada di semi-final,” kata Pep kepada Sky Sports seperti dikutip dari Manchester Evening News.

Kapten City, Vincent Kompany mendukung keyakinan Pep bahwa timnya bisa melewati adangan Spurs. Menurutnya, kalau suporter memberi dukungan seperti biasa, mereka bisa menang. Makanya, ia secara khusus meminta suporter City membantu menjadikan leg kedua ini sebagai “malam istimewa” Etihad.

“Tentu saja kita bisa mengatasinya, tetapi itu perlu malam yang istimewa. Rabu (Kamis) adalah malam peluang. Anda masuk ke permainan ini mengetahui Anda bisa melakukan sesuatu yang istimewa. Untuk jenis malam seperti inilah kamu mendukung tim, kamu pergi ke stadion,” ajak bek internasional Belgia tersebut.

Manchester Biru saat ini masih dalam perburuan empat trofi dan Kompany menegaskan akan memanfaatkan semua pengalamannya untuk membantu menjaga skuat muda mereka tetap fokus. Dia juga berpendapat bahwa dalam beberapa hal, tim harus tampil lebih baik untuk bisa meraih hasil positif.

“Ini pengalaman saya di saat-saat ini Anda hanya perlu menjauhkan diri dari semua kegilaan karena harus menang, harus menang, harus menang. Kamu bersiap dengan baik dan percaya dirimu. Saat ini, Anda hanya bisa memercayai semua orang untuk melakukan hal yang benar dan itu membuat tim yang baik bahkan lebih kuat,” tegasnya.

Pada laga nanti, Pep diperkirakan akan membuat beberapa perubahan dari starter yang ia mainkan di leg pertama. Oleksandr Zinchenko yang sudah pulih akan menggantikan Fabian Delph di posisi bek kiri. Sementara Bernardo Silva, Kevin De Bruyne dan Gabriel Jesus diprediksi akan turun sejak awal. Nama terakhir akan menggantikan Sergio Aguero yang tidak dalam kondisi 100 %.

Di pihak Tottenham yang hanya butuh hasil imbang, selain Harry Kane yang cedera pergelangan kaki pada leg pertama, mereka juga akan kehilangan Eric Dier, Serge Aurier dan Erik Lamela. Namun, terlepas dari problem cedera, Manajer Spurs, Mauricio Pochettino memastikan mereka siap meladeni City.

Pochettino menegaskan, kemenangan 4-0 atas Huddersfield di Premier League memberi mereka kepercayaan diri. “Ini sangat penting. Saya pikir untuk membangun kepercayaan pada skuat dan tim. Sangat penting semua pemain kami merasa sangat nyaman, bahagia, dan menjadi bagian penting dari tim,” ujarnya di Irish Times.

Tanpa Kane, Poche akan kembali berharap banyak pada Heung-min Son yang mencetak gol kemenangan di leg pertama. Kalau Dele Alli yang cedera tangan tidak siap, pelatih asal Argentina itu bisa memainkan Lucas Moura. Winger Brasil itu sebelumnya mencetak hattrick ke gawang Huddersfield. “Penting bagi semua pemain merasa mereka bisa berjuang untuk satu tempat untuk memulai di setiap pertandingan,” jelasnya. (amr)

DATA DAN FAKTA

Manchester City mencetak setidaknya 2 gol dalam 7 dari 8 pertandingan kandang terakhir mereka melawan Tottenham di semua kompetisi.

Manchester City menyapu bersih 12 pertandingan kandang mereka di semua kompetisi sepanjang 2019.

Tottenham tidak kebobolan dalam 3 pertandingan terakhir mereka di Liga Champions.
Tottenham memenangkan 5 dari 6 pertandingan terakhir mereka di Liga Champions.

Pep vs Poche di Inggris

Main: 5

Pep menang: 3

Poche menang: 2

Imbang: 1

Kamus Lolos Semifinal

Manchester City lolos jika:

Menang minimal dengan selisih 2 gol

Tottenham Hotspur lolos jika:

Menang

Imbang

Kalah satu gol dengan catatan mencetak gol (1-2, 2-3, dst lolos dengan keunggulan gol tandang)

Prakiraan Pemain

Manchester City (4-3-3): Ederson; Zinchenko, Stones, Laporte, Walker; D. Silva, Fernandinho, De Bruyne; Sterling, Jesus, B. Silva.

Pelatih: Pep Guardiola

Tottenham Hotspur (3-4-2-1): Lloris; Vertonghen, Sanchez, Alderweireld; Trippier, Sissoko, Winks, Rose; Eriksen, Moura; Son
Pelatih: Mauricio Pochettino

Head to head

09/04/19 Tottenham Hotspur 1-0 Manchester City

29/10/18 Tottenham Hotspur 0-1 Manchester City

14/04/18 Tottenham Hotspur 1-3 Manchester City

16/12/17 Manchester City 4-1 Tottenham Hotspur

29/07/17 Manchester City 3-0 Tottenham Hotspur

Lima pertandingan terakhir Tottenham Hotspur

13/04/19 Tottenham Hotspur 4-0 Huddersfield Town

09/04/19 Tottenham Hotspur 0-1 Manchester City

04/04/19 Tottenham Hotspur 2-0 Crystal Palace

31/03/19 Liverpool 2-1 Tottenham Hotspur

09/03/19 Southampton 2-1 Tottenham Hotspur

Lima pertandingan terakhir Manchester City

14/04/19 Crystal Palace 1-3 Manchester City

09/04/19 Tottenham Hotspur 0-1 Manchester City

07/04/19 Manchester City 1-0 Brighton

03/04/19 Manchester City 2-0 Cardiff

30/03/19 Fulham 0-2 Manchester City

KEY PLAYERS

TOTTENHAM HOTSPUR

Top ratings

Harry Kane: 7,6

Christian Eriksen: 7,46

Jan Vertonghen: 7,25

Top goals

Harry Kane: 5

Christian Eriksen: 2

Heung-min Son: 2

Top assist

Christian Eriksen: 3

Erik Lamela: 2

Fernando Llorente: 1

MANCHESTER CITY

Top ratings

Raheem Sterling: 7,81

Leroy Sane: 7,65

Bernardo Silva: 7,57

Top goals

Sergio Aguero: 5

Leroy Sane: 4

Gabriel Jesus: 4

Top assist

Riyad Mahrez: 4

Leroy Sane: 4

David Silva: 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!