News Update

Diklaim Setara Old Trafford, Begini Penampakan Stadion BMW

FAJAR.CO.ID–Klub sepak bola Indonesia terutama Persija Jakarta tampaknya bisa bergembira. Stadion yang sudah lama ditunggu-tunggu mulai dibangun. Ditandai kick off pembangunan Stadion BMW atau Jakarta International Stadium, oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, pada Kamis (14/3/2019). Stadion ini diklaim setara milik
Manchester United, Old Trafford.

Tak tanggung-tanggung, stadion yang akan dibangun sangat megah dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Stadion dibangun di atas lahan seluas 221 ribu meter persegi dengan kapasitas penonton mencapai 82 ribu orang.

Dari jumlah itu, disediakan juga bagi penyandang disabilitas, yakni mencapai 200 tempat duduk. Fasilitas lainnya juga disediakan untuk para penyandang disabilitas, seperti 200 lot tempat parkir dan 25 lokasi toilet khusus difabel.

Fasilitas parkir untuk keseluruhan disediakan sebanyak 800 lot parkir mobil dan 100 lot parkir bus. Sebagian diprioritaskan bagi VVIP, VIP, atlet, dan official.

Pembangunan stadion berstandar internasional dikerjakan PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Nantinya bagian atap stadion bisa dibuka tutup. Fitur ini disediakan agar stadion juga dapat digunakan untuk kegiatan pertunjukan indoor, seperti konser musik.

Selain mengakomodasi fungsi olahraga, pembangunan stadion juga memperhatikan fungsi sosial bagi masyarakat sekitar. Seperti penyediaan area dengan fungsi urban farming serta Public Open Space.

Direktur Utama PT Jakpro, Dwi Wahyu Daryoto menjelaskan, proses persiapan dan pengembangan lahan proyek hampir tuntas. Pelaksanaan konstruksi secara fisik dilaksanakan dalam waktu 3 (tiga) pekan setelah kick off. "Bangunan dan kawasan stadion dirancang untuk siap disertifikasi green building (greenship) dengan target grade platinum,” katanya.

Beberapa fasilitas penunjang juga akan disiapkan seperti jogging track di atap stadion, bungee jumping setinggi 60 meter, hingga rock climbing di area luar stadion. (jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!