Striker Timnas Finlandia Ciptakan Kolaborasi Kidal Mematikan di PSM

by

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Masuknya stiker Timnas Finlandia, Eero Markkanen, menciptakan kolaborasi yang mematikan musim ini. PSM Makassar kini memiliki tiga pemain spesialis kaki kiri. Dua di antaranya Markkanen dan Ferdinand Sinaga. Satu lagi Reva Adi Utama yang kerap menyisir sisi kiri pertahanan lawan.

Sebetulnya PSM memiliki pemain spesialis sisi kiri lainnya, seperti M Rahmat, Zulham Zamrun, maupun rekrutan baru Taufik Hidayat. Namun ketiganya sebetulnya memiliki spesialis terkuat di kaki kanannya.

Asisten Pelatih PSM, Imran Amirullah, mengatakan pemain kidal cukup langka di Indonesia. Menurutnya, pemain kidal sangat spesial. "Stok pemain kaki kiri kurang. Agak sulit mendapatkannya. Kalau kaki kanan hampir semua bisa," kata Imran.

Mendapat dua striker bertipikal kaki kiri, sebut Imran, merupakan sebuah keuntungan. Apalagi keduanya memiliki skill mumpuni. Di atas rata-rata pemain lain.

Dalam beberapa momen Markkanen dan Ferdinand akan ditandemkan. Seperti yang dicoba pada pengujung laga saat kontra Kalteng Putra. "Tinggal penempatan posisi dan chemistry-nya saja yang perlu disamakan," paparnya.

Mantan pelatih PSM, Hanafing menambahkan di era sepak bola saat ini pemain dituntut harus bisa menggunakan kedua kakinya. Walaupun pada dasarnya pemain kidal lebih memiliki aura tersendiri.

"Di timnas kita tidak ada pemain kidal. Hanya pemain kanan yang dioptimakan bermain di kiri. Pas dapat pemain kidal, harus dilatih betul-betul," papar pemain PSM era 1970-an itu.

Terpisah, Markkanen mengakui kaki kirinya memiliki akurasi dan kekuatan lebih baik dibanding kanan. Makanya, mantan pemain Real Madrid B itu pun ingin mencetak gol buat PSM dengan kaki spesialisnya itu.

"Saya senang punya kaki kiri bagus. Ini jadi keunggulan saya dibanding pemain lain," beber Markkanen.

(JPC)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *