Jepang Tekuk Turkmenistan 3-2

by

FAJAR.CO.ID – Jepang meraih kemenangan tipis 3-2 atas Turkmenistan dalam pertandingan Grup F Piala Asia 2019 yang dimainkan di Stadion Al Nahyan, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada Rabu malam WIB (9/1).

Turkmenistan memberi kejutan dengan unggul terlebih dahulu melalui gol Arslanmyrat Amanov pada menit ke-26, namun Yuya Osako menyamakan kedudukan untuk Jepang pada menit ke-56, dan empat menit berselang Osako membawa Jepang berbalik memimpin 2-1, Ritsu Doan memperbesar keunggulan Samurai Biru pada menit ke-71, sebelum eksekusi penalti Ahmet Atayev memperkecil ketertinggalan Turkmenistan pada menit ke-79, demikian catatan pertandingan di laman resmi AFC.

Dengan hasil ini Jepang memuncaki klasemen grup dengan koleksi tiga poin, sedangkan Turkmenistan menduduki posisi juru kunci. Dua tim Grup F lainnya adalah Uzbekistan dan Oman yang belum memainkan pertandingan.

Pasukan Hajime Moriyasu menggebrak sejak awal. Saat laga baru memasuki menit kelima, Gaku Shibasaki yang mendapat operan dari Genki Haraguchi melepaskan tembakan yang masih melebar.

Mereka terus menggempur pertahanan Turkmenistan, dua peluang dimiliki Takehiro Tomiyasu yang melepaskan tembakan yang masih dapat diblok dan tandukan Ritsu Doan yang belum membahayakan gawang lawan.

Turkmenistan mendapatkan peluang-peluang pertamanya melalui tembakan Vahyt Orazsakhedov dan sundulan Mekan Saparov, tetapi kedua upaya tersebut masih belum menuai hasil.

Secara mengejutkan, Turkmenistan mampu memecah kebuntuan pada menit ke-26. Tembakan jarak jauh Arslanmyrat Amanov meluncur deras untuk masuk ke sudut kiri atas gawang Jepang.

Sejumlah serangan dilancarkan Jepang sampai turun minum, namun mereka baru mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-56 melalui Osako. Penyerang Werder Bremen tersebut mendapatkan operan dari Haraguchi, dan tanpa kesulitan melepaskan tembakan ke sudut bawah gawang Turkmenistan.

Jepang berbalik unggul melalui gol Osako pada menit ke-61. Diawali kesalahan bek Turkmenistan saat mengawal Yuto Nagatomo, yang kemudian mengirimkan assist ke mulut gawang untuk diselesaikan dengan mudah oleh Osako.

Memasuki menit ke-71 Jepang memperbesar keunggulannya, kali ini dari tembakan kaki kiri Ritsu Doan yang mendapatkan umpan dari Takumi Minamino.

Turkmenistan memperkecil ketertinggalan akibat pelanggaran yang dilakukan kiper Shuichi Gonda terhadap Annadurdyyev di kotak terlarang. Ahmet Atayev yang bertindak sebagai eksekutor sukses menunaikan tugasnya untuk mengubah skor menjadi 3-2 yang bertahan sampai peluit panjang berbunyi.

Susunan pemain:

Jepang (4-2-3-1): Shuichi Gonda, Hiroki Sakai, Maya Yoshida, Tomoaki Makino, Yuto Nagatomo. Takehiro Tomiyasu, Gaku Shibasaki, Ritsu Doan, Takumi Minamino (Koya Kitagawa 73'), Genki Haraguchi, Yuya Osako

Turkmenistan (5-4-1): Mammet Orazmuhammedow, Serdar Annaorazov, Mekan Saparow, Zafar Babajnow, Ylyasov Vezirgeldi, Gurbangeldi Batyrow, Ruslan Mingazov (Mihail Titov 85'), Ahmet Atayev, Resul Hojayew, Arslanmyrat Amanov (Murat Yagsyyew 69'), Vakhyt Orazsahedov (Altymurad Annadurdiyev 59')

(Antara)

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *