Selamat! Persija Jakarta Juara Liga 1 2018

by

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Persija Jakarta resmi menjuarai kompetisi Liga 1 2018. Pada pekan terakhir, Minggu (9/12) mereka sukses menaklukkan Mitra Kukar di Stadion Utama Gemora Bung Karno (SUGBK) Jakarta.

Di awal pertandingan, Persija langsung mengambil inisiatif serangan. Namun percobaan yang dilakukan Marko Simic Cs belum bisa menghasilkan peluang membahayakan.

Tapi petaka menghampiri tim tamu di menit 14. Wasit menunjuk titik putih usai terjadi pelanggaran di area kotak penalti. Bek Mitra Kukar dianggap mendorong Simic sehingga hukuman tak dapat terhindarkan.

Simic sendiri maju sebagai eksekutor. Bola yang ditendangnya mampu merobek sisi kanan gawang Mitra Kukar. Persija unggul 1-0 di menit 17.

Meski demikian, hasil itu tidak membuat Macan Kemayoran puas. Mereka terus menebar ancaman ke gawang Naga Mekes. Di menit 35, Rhoit Chand nyaris memperbesar kedudukan. Namun sayang, bola yang disepaknya hanya membentur tiang gawang.

Di sisa waktu babak pertama, Persija tidak memberi celah untuk tim lawan. Namun kedudukan 1-0 tidak berubah sampai wasit meniupkan peluit tanda istirahat.

Memasuki babak kedua, Mitra Kukar bermain lebih agresif. Selain itu mereka cepat dalam melakukan transisi sehingga Persija kesulitan dalam membongkar pertahanan rapat Naga Mekes.

Namun di menit 59 gawang Mitra Kukar akhirnya kebobolan lagi. Berawal dari sepak pojok, kemelut kemudian mampu dimanfaatkan oleh Super Simic. Striker asal Kroasia itu berhasil menceploskan bola dengan sundulannya.

Para pemain Mitra Kukar langsung melancarkan protes sebab mereka merasa pergerakan Yoo Jae-hoon sebagai penjaga gawang dihalangi oleh Ramdani Lestaluhu. Namun meski mendapat desakan, wasit tetap bertahan pada keputusannya. Persija dinyatakan unggul 2-0.

Di menit 69, tim tamu mendapatkan hadiah penalti. Penyebabnya, bola mengenai tangan pemain Persija di area kotak terlarang. Namun sayang, kesempatan emas itu gagal dimaksimalkan oleh Fernando Rodriguez. Bola yang ditendangnya dapat diblokir oleh Andritany Ardhiyasa.

Akan tetapi kesalahan itu dapat dibayar lunas Aldino Herdianto di menit 88. Sang pemain mampu mencetak gol dan mengubah keadaan jadi 2-1.

Merasa sudah aman, Persija menarik keluar Simic di menit 88. Sebagai gantinya, Bambang Pamungkas masuk lapangan dan kehadirannya langsung disambut meriah oleh 68 ribu The Jakmania yang hadir di SUGBK.

Hingga laga usai, skor 2-1 tidak berubah. Persija berhak mempertahankan puncak klasemen dan keluar sebagai juara musim ini.

Susunan pemain

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Maman Abdurrahman, Jaimerson da Silva, Rezaldi Hehanusa; Sandi Sute (Ramdani Lestaluhu 46'), Renan Silva (Asri Akbar 74'), Rohit Chand; Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, Marko Simic (Bambang Pamungkas 88').

Mitra Kukar: Yoo Jae-hoon; Saepuloh Maulana, Mauricio Leal, Dendi Gusmawan (Andre Agustiar 85'), Wiganda Pradika; Dedi Hartono, Anindito Wahyu, Septian David Maulana (Aldino Herdianto 75'); Hendra Bayaw (Arif Suyono 73'), Muhammad Luthfi Kamal, Fernando Rodriguez.

(ies/bep/JPC)

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *