Essien, Sang Bintang yang Nganggur di Indonesia – Fajar Sport
News Update

Essien, Sang Bintang yang Nganggur di Indonesia

FAJAR SPORT, JAKARTA – Persib Bandung kembali membuat publik terkejut dengan keputusan mereka mencoret nama Michael Essien dari skuat utama di Liga 1 2018.

Bagaiman tidak terkejut, Michael Essien didatangkan ke Persib Bandung sebagai marquee player. Kedatangan Essien membuat seisi bangsa ini heboh. Bahkan, media-media Eropa juga ikut memberitakan kedatangan eks pemain Real Madrid, Chelsea dan AC Milan ini ke Liga 1 Indonesia.

Namun, keheboan itu kini sirna jelang kick off Liga 1 2018 pada akhir Maret ini. Pemain yang berusia 35 tahun itu tak nampak ketika klub berjuluk Maung Bandung itu melakukan launching skuad pada, Sabtu (17/3) kemarin. Essien tak nampak batang hidungnya di lokasi launching.

Kabarnya, nama Essien telah dicoret dan digantikan oleh pemain asing asal Argentina Jonathan Bauman. Sebelumnya, Essien sempat terlihat bersama pemain Persib Bandung melakukan sesia latihan bersama. Kedatangan bauman ini lantas menggenapi jumlah pemain asing di klub asal Tanah Pasundan itu.

Berdasarkan regulasi Liga 1, tiap tim hanya diperbolehkan memiliki empat pemain asing (1 Asia + 3 non Asia). Karenanya manajemen Persib terpaksa mencoret Essien, gelandang yang datang dengan status marquee player atau pemain bintang di Liga 1 2017 lalu.

“Nama Essien tidak ada (di skuad Persib) karena kita mengacu pada regulasi PSSI, pemain asing harus empat. Empat pemain asing sudah dipenuhi Bauman, sehingga mau tidak mau Essien tidak terdaftar dalam skuad,” ucap Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Zainuri Hasyim, Sabtu (17/3) lalu.

Bagi Essien, keputusan tersebut tentu menjadi pukulan telak. Sebab menurut data Transfermarkt, Essien masih punya kontrak hingga 31 Desember 2018.

Sejauh ini eks gelandang Chelsea, Real Madrid, dan AC Milan itu belum juga memberikan komentar. Yang jelas status Essien sekarang adalah pengangguran karena belum ada keterangan resmi kemana dia berlabuh setelah terdepak dari skuad Maung Bandung.

“Semua nanti kami bicarakan dengan Essien, bagaimana jalan keluar yang terbaik buat dia. Kita juga bakal mempertimbangkan kemauan dia kayak gimana,” kata Zainuri.

Apa yang dialami Essien saat ini sangat bertolak belakang dengan yang didapat pada awal kedatangannya. Maret 2017 lalu, Essien mencuri perhatian publik, tak hanya masyarakat Indonesia namun juga dunia karena keputusannya memperkuat Persib Bandung. Namun sekarang Essien harus pasrah menerima keadaan tak lagi memiliki klub untuk sementara waktu.

Kondisi tersebut sebenarnya pernah dialami sang pemain ketika mendapat surat pemutusan kontrak dari Panathinaikos, September 2016 lalu. Ketika itu Essien ‘ditendang’ dari skuad lantaran kerap mengalami cedera. (Fajar/jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!