Inilah Makna Dibalik Pita Kuning di Dada Guardiola – Fajar Sport
News Update

Inilah Makna Dibalik Pita Kuning di Dada Guardiola

FAJAR SPORT, INGGRIS – Hampir setiap pertandingan Manchester City, Pep Guardiola sering tampil dengan gaya yang berbeda. Tetapi, satu yang tak bisa dirubah adalah pita kuning yang berada di depan dada kirinya.

Hampir semua pertandingan yang dijalani Manchester City, Guardiola tetap menggunakan pita kuning baik saat memakai baju kaus maupun jaket.

Ternyata, makna dibalik pita kuning itu adalah bentuk dukungan penuh dari Guardiola buat tanah kelahirannya Catalunya, yang saat ini sedang memperjuangkan kemerdekaannya dari Spanyol. Namun, aksi dukungan Guardiola itu telah mendapat respon serius dari asosiasi sepak bola Inggris (FA).

Jumat lalu, Guardiola dinyatakan bersalah dan terancam hukuman atas tindakannya memasukkan unsur bersifat politis dalam sebuah pertandingan. Putusan sanksi dari FA itu muncul setelah Guardiola terlihat memasang pita kuning saat timnya dikalahkan Wigan di ajang Piala FA (19/2).

Pada Desember tahun lalu, Pep juga sudah sering terlihat memasang pita kuning saat mendampingi timnya di pinggir lapangan. Terakhir, Pep masih terlihat mengenakan pita kuning saat membawa The Citizens meraih juara Carabao Cup pada Minggu (25/2) lalu.

Meski memasang di kaos, pita kuning Pep tetap terlihat saat blazer yang dikenakannya sedikit terbuka. Pep sendiri diberi waktu hingga Senin pekan depan untuk mengajukan pembelaan atas sanksi tersebut.

Alih-alih memikirkan sanksi, Pep justru menegaskan akan tetap memasang pita kuning. Dia pun siap menerima apa pun sanksi yang akan diberikan kepadanya. “Sebelum menjadi manajer, saya seorang manusia biasa,” ungkap pelatih 47 tahun itu, dilansir BBC.

“Mereka (FA) tahu saya akan selalu memasang pita kuning. Ini tidak terkait dengan politik, ini soal demokrasi. Ini soal menolong orang-orang yang dipenjara meski tidak melakukan apa-apa,” imbuh Pep.

Jika hingga 5 Maret nanti Pep tidak mengajukan pembelaan, maka FA akan langsung menjatuhkan vonis. Hukumannya mulai dari denda uang hingga larangan berada di pinggir lapangan.

Namun, Guardiola terancam hukuman tambahan jika kemudian dia diketahui melakukan kesalahan yang sama di waktu yang berbeda. Padahal, Pep sudah menegaskan akan tetap memasang pita kuning itu, apa pun sanksi yang akan dihadapinya.

Sekadar info, pita kuning yang dipasang Guardiola merupakan bentuk dukungannya terhadap 4 orang tokoh Catalan yang ditangkap dan dipenjara Pemerintahan Spanyol akibat dianggap melakukan pemberontakan dengan menggalang Referendum beberapa waktu lalu.

Kini, fans Man City justru ikut mendukung dengan ikut memasang pita kuning setiap kali menonton timnya di stadion. (Fajar/pojok)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!