Messi dan Pique Selamatkan Barcelona dari Kekalahan atas Espanyol – Fajar Sport
Hasil

Messi dan Pique Selamatkan Barcelona dari Kekalahan atas Espanyol

FAJAR SPORT, SPANYOL – Barcelona hampir saja tak mampu menumbangkan rival sekitanya, Espanyol di jornada ke-22 La Liga pada, Munggu (4/2) dini hari WIB di Stadion RCDE.

Tuan rumah Espanyol begitu sulit ditaklukan oleh klub pemuncak klasemen ini. Padahal, dari kekuatan tim, Barcelona jauh berada di atas Espanyol. Namun, harga diri menjadi taruhan utama di dalam lapangan untuk diperjuangkan.

Termasuk bagi Barcelona. Meski sudah pernah menghadapi Espanyol lebih dari dua kali sepanjang musim ini, tetap saja pertandingan berlangsung tidak mudah bagi Blaugrana. Espanyol tetap bukan tim yang mudah ditaklukkan. Terlebih jika tampil di kandang sendiri,

Terbukti, meski tampil mendominasi seperti biasanya, Barcelona tak mampu mencetak gol di babak pertama. Peluang demi peluang yang didapat tak mampu dikonversi menjadi gol.

Bisa jadi salah satu faktor kegagalan Barcelona mencetak gol di babak pertama adalah karena ketidakhadiran Lionel Messi. Pelatih Ernesto Valverde menyimpan sang megabintang di bangku cadangan. Messi memang nyaris selalu bermain penuh dalam pertandingan musim ini. Karena itulah dia butuh istirahat agar penampilan apiknya bisa tetap terjaga.

Tanpa Messi, Barcelona pun tak mampu mencetak gol sepanjang babak pertama. Kapten Timnas Argentina itu baru dimasukan Valverde pada menit 59. Valverde menarik Paco Alcacer untuk digantikan oleh pemilik nomor 10 di Barcelona itu.

Selain Messi, Valverde pun menyimpan Ivan Rakitic pada laga ini. Gelandang Timnas Kroasia itu juga sengaja disimpan untuk menjaga staminanya tetap moncer sepanjang musim ini. Rakitic sendiri akhirnya sama sekali tak dimainkan Valverde dalam partai derby ini.

Namun, masuknya Messi tak langsung memberi dampak positif bagi Barcelona. Justru Espanyol meresponsnya dengan lebih gencar melakukan serangan. Terutama dilakukan melalui sektor sayap. Hasilnya dirasakan pada menit 66.

Berawal dari tendangan Ter Stegen yang jatuh di kaki pemain Espanyol, Sergio Garcia yang baru masuk pada menit 61 mengirim umpan silang ke depan gawang Barcelona. Tanpa banyak basa basi, Gerard Moreno menyundulnya untuk membawa Espanyol unggul 1-0.

Tersengat oleh gol Gerard, para penggawa Barcelona pun kian sering melakukan tekanan ke pertahanan Espanyol. Namun, kondisi lapangan yang becek akibat diguyur hujan membuat permainan khas Barcelona tak bisa tampil dengan maksimal.

Setelah mendapat sejumlah tendangan sudut, Barcelona justru mampu menyamakan kedudukan lewat tendangan bebas. Bola umpan matang dari Messi dilanjutkan Pique dengan sundulan terarah dan keras pada menit 82.

Usai gol Pique, tensi pun kontan menjadi lebih tinggi. Terlihat dari aksi Gerard saat melakukan profesional foul terhadap Pique. Penyerang Espanyol itu langsung mendapat kartu kuning dari wasit. Kericuhan antara Gerard dengan Pique pun terus berlanjut yang membuat para pemain dari kedua kubu mencoba melerai keduanya.

Pertandingan akhirnya bisa dilanjutkan setelah emosi Gerard mulai mereda. Namun, tak ada gol yang kembali dicetak kedua kubu. Barcelona pun masih bisa menjaga catatan tak terkalahkan di ajang La Liga 2017/2018. (Fajar/jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!