Catat!! Tiga Klub Indonesia Ini Berhak Main di Level Asia – Fajar Sport
News Update

Catat!! Tiga Klub Indonesia Ini Berhak Main di Level Asia

FAJAR SPORT, JAKARTA – Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) telah memutuskan menerima tiga klub Liga yang berhak bermain di turnamen level Asia.

Sebelumnya, Liga Indonesia Baru (LIB) mengirim lima nama klub, Bhayangkara FC, Bali United, PSM Makassar, Persija Jakarta dan Madura United.

Namun, dari lima klub itu hanya tiga klub yang diterima oleh AFC, yakni Bali United, Persija Jakarta dan Madura United. Hal itu disampaikan oleh Chief Operating Oficer (COO) PT Liga Indonesia Baru (LIB) Tigor Shalom Boboy.

“Ketiganya tim itu dipilih karena memiliki Club Lisensi AFC. Jadi, mereka yang berhak bermain di level Asia,” kata Tigorshalom Boboy, kemarin (30/11).

“Kami berharap mereka bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk bisa bersaing dengan tim-tim lain di luar sana,” harap pria yang akrab disapa Tigor itu.

Seperti yang diketahui, PSSI mendaftarkan lima klub penghuni papan atas klasemen akhir Liga 1 untuk mewakili Indonesia di level Asia tersebut.

Hanya saja, Bhayangakara FC yang keluar sebagai juara serta PSM Makassar yang finish di peringkat ketiga, harus tersingkir karena gagal lolos verifikasi Club Lisensing AFC yang dilakukan PSSI sejak April lalu.

Seperti yang diketahui, Indonesia memiliki satu jatah klub untuk tampil di babak play off Liga Champions Asia dan dua klub di Piala AFC 2018.

Penentuan jatah klub berdasarkan peringkat klasemen akhir seluruh peserta kompetisi di masing-masing negara. Namun demikian, hanya klub yang memiliki lisensi AFC yang bisa tampil.

Dalam aturan AFC, mereka akan melihat posisi klub yang berada pada peringkat 1 sampai 9. Posisi teratas akan menjadi prioritas dengan syarat pemenuhan lisensi AFC.

Jadi, jika klub juara Liga 1 tidak memiliki lisensi AFC, maka jatah play off Liga Champions akan diberikan kepada klub yang berada di peringkat berikutnya yang telah memiliki lisensi AFC.

Manajer Madura United, Haruna Soemitro membenarkan bahwa, mereka adalah satu di antara tiga tim yang dinyatakan bisa bermain di level Asia tersebut.

“Hanya saja, apakah kami benar-benar bisa tampil di Asia, itu masih menunggu hasil rapat Executive Committee AFC yang sedang berlangsung di Bangkok malam nanti (tadi malam, Red),” kata Haruna.

Menurut dia, mereka masih menunggu kepastian jatah Indonesia di kompetisi level Asia, terutama untuk Piala AFC 2018. Apakah pure tiga tiket atau hanya dua.

“Karena kalau hanya dua, maka kami menunggu hasil Bali United di babak playoff Liga Champions Asia. Karena, kalau gagal, mereka akan bersama Persija mewakili Indonesia di Piala AFC, bukan kami,” timpalnya. (Fajar/pojok)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!