Prediksi Juara La Liga: Barcelona Bebas Hambatan, El Real Hadapi Jalan Terjal – Fajar Sport
Prediksi

Prediksi Juara La Liga: Barcelona Bebas Hambatan, El Real Hadapi Jalan Terjal

FAJAR SPORT, JAKARTA – Persaingan menjadi juara Divisi Primera La Liga Spanyol makin ketat dan sengit. Dua klub raksasa Spanyol, Barcelona dan Real Madrid saling ikut-sikutan untuk finis di posisi pertama.

El Real maupun Barcelona bakal melakoni sisa laga mereka untuk memastikan titel juara musim 2016-2017 milik mereka. Terkait peluang mana paling besar, sejatinya sudah tergambar dari jadwal sisa kedua tim.
Hari-hari terakhir jelang pengujung musim Divisi Primera La Liga 2016-2017, Barcelona berada dalam posisi menguntungkan dengan status pemuncak klasemen. Posisi itu diraih berkat kemenangan 3-2 pada duel El Clasico di markas Real Madrid, Estadio Santiago Bernabeu, Senin (24/4). Tim asuhan Luis Enrique mempertahankan posisi itu berkat kemenangan 7-1 atas Osasuna di Estadio Camp Nou, (27/4).
Sementara Real Madrid, setelah sempat tertinggal selama beberapa jam, kembali menyamai poin berkat kemenangan 6-2 di kandang Deportivo La Coruna. Kini, poin kedua tim kembali sama, yakni 78. Barcelona berhak ada di puncak karena unggul head to head sesuai regulasi. Tak cuma itu, dalam hal selisih gol, Barcelona pun di atas El Real.

Dalam dua perjumpaan El Clasico musim ini, hasilnya adalah imbang 1-1 di Camp Nou (3/12) dan Barcelona menang 3-2 di Santiago Bernabeu (24/4). Dalam hal produktivitas, Barcelona sudah mencatat 101 memasukkan dan 33 kemasukan (+68). Sementara itu, Real Madrid memiliki 90 gol memasukkan dan 38 kemasukan (+52).

Namun, Real Madrid masih menyimpan senjata rahasia, yaitu jumlah pertandingan yang lebih sedikit dari sang rival. Tim asuhan Zinedine Zidane baru melakoni 33 pertandingan sedangkan Barcelona sudah 34. Jika kedua tim sama-sama menyapu bersih kemenangan pada sisa musim, Real Madrid akan mengakhiri dengan keunggulan tiga poin di atas El Barca.

Barcelona Bebas Hambatan

Lalu, bagaimana peluang kedua tim berdasarkan rintangan sisa? Berdasarkan jadwal yang harus dihadapi, Barcelona boleh tersenyum. Laga sulit mungkin dilalui saat bertandang ke markas rival sekota, Espanyol, pada 30 April. Tak dimungkiri, duel derby selalu menyulitkan Barcelona. Terlebih laga akan digelar di markas Espanyol.

Rintangan lain Barcelona adalah saat menjamu Villarreal. Tim berjuluk Kapal Selam Kuning itu pernah menahan imbang Barcelona dengan skor 1-1 dalam pertemuan pertama di El Madrigal, Januari lalu. Apalagi, motivasi Villarreal tengah meninggi usai mengalahkan Atletico Madrid di Vicente Calderon tengah pekan ini. Mereka juga tengah bersaing dengan Sevilla untuk bisa lolos ke Liga Champions.

Selanjutnya saat menghadapi Las Palmas dan Eibar pada 14 dan 21 Mei, Barcelona diprediksi akan mudah mengamankan tiga poin. Las Palmas dan Eibar sudah tak punya beban lagi karena posisi keduanya aman dari ancaman degradasi. Barcelona juga tercatat mampu menang telak pada perjumpaan pertama dengan kedua tim, yakni 5-0 saat menjamu Las Palmas (14/1) dan 4-0 di kandang Eibar (23/1).

Barcelona juga diuntungkan dengan jadwal longgar. Pasalnya, mereka sudah tak tampil lagi di Liga Champions dan hanya tersisa laga final Copa Del Rey melawan Depotivo Alaves. Itupun baru akan dilangsungkan pada 28 Mei, atau sepekan setelah jornada terakhir La Liga. Jadi, Lionel Messi cs bisa fokus mengarungi sisa musim La Liga sebelum mengalihkan fokus ke final Copa Del Rey.

Jalan Terjal Real Madrid

Sementara Real Madrid, perjalanan menuju akhir musim jauh lebih terjal. Lima laga yang harus mereka jalani terbilang cukup menyulitkan. Ditambah, Los Blancos masih membagi fokus dengan menghadapi Atletico Madrid pada dua laga semifinal Liga Champions, yakni pada 3 dan 11 Mei. Tak ayal, Zidane harus memutar otak untuk menjaga fokus dan kebugaran anak asuhnya dalam menghadapi jadwal padat.

Ujian perdana Real Madrid datang pada Sabtu (29/4). Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan akan menjamu Valencia, tim yang memberikan kekalahan saat berlaga di Mestalla pada 23 Februari lalu. Empat hari setelahnya, Real Madrid harus menjamu Atletico di Santiago Bernabeu pada leg pertama semifinal Liga Champions.

Empat hari selepas baku hantam dengan Los Colchoneros, duel di kandang Granada pada 7 Mei kemungkinan bisa menjadi garansi mereka mendulang tiga angka. Namun, tentu dengan syarat Zidane harus jeli dalam merotasi tim agar tak tergelincir akibat faktor kelelahan. Apalagi, pada 11 Mei mereka sudah harus menyambangi Vicente Calderon untuk menjalani leg kedua.

Tiga hari setelah bertandang ke markas Atletico, Real Madrid kembali ke Santiago Bernabeu untuk menghadapi laga sulit lain melawan Sevilla, Minggu (14/5). Tentu masih teringat jelas di benak para pemain Real Madrid saat Sevilla menghadirkan kekalahan perdana di La Liga musim ini dengan skor 1-2 pada 16 Januari lalu.

Sevilla bisa menjadi adangan terjal Real Madrid. Meski bermain di depan publik Madridista, tapi calon lawan yang dihadapi punya motivasi mempertahankan posisi di zona Liga Champions dari kejaran Villarreal.

Tak berhenti sampai di situ, giliran Malaga yang bisa berpotensi menjadi pengganjal Real Madrid di Estadio La Rosaleda. Tim yang hanya bisa dikalahkan dengan skor 2-1 saat pertemuan pertama di Santiago Bernabeu itu patut diwaspadai El Real. Malaga pernah membungkam Barcelona melalui kemenangan 2-0 di Estadio La Rosaleda (9/42017) lalu.

Memang, keuntungan lain adalah keberadaan Michel di kursi pelatih Malaga. Seperti diketahui, Michel merupakan legenda El Real, dan sempat mengaku senang bisa membantu mantan timnya melalui Malaga atas Barcelona. Namun, tentu hal itu bukan jaminan Real Madrid bisa dengan mudah melewati Malaga. Apalagi, publik Barcelona tengah menyoroti indikasi adanya bantuan dari Malaga untuk memuluskan langkah El Real.

Selain empat laga itu, ada satu lagi tabungan Real Madrid, yaitu partai tunda melawan Celta Vigo yang sedianya digelar pada 6 Februari silam. Bisakan Sergio Ramos dan kolega meraih tiga poin dari Celta Vigo? Tentu bukan hal yang mudah. Belum lekang dalam ingatan ketika Celta Vigo menyingkirkan Real Madrid dari kancah Copa Del Rey saat dipaksa kalah 1-2 pada leg pertama di Santiago Bernabeu dan imbang 2-2 pada laga kedua.

Melihat jadwal rumit rivalnya, tak heran jika Barcelona bisa tersenyum. Mereka hanya perlu menyapu bersih kemenangan dalam empat laga terakhir, sambil berharap Real Madrid tergelincir dengan menderita satu kekalahan atau meraih dua hasil imbang dari 5 laga pamungkasnya.

Dengan empat kemenangan lagi, poin Barcelona akan menjadi 95. Real Madrid, jika memenangi lima laga sisa, poinnya akan menjadi 93. Namun, satu kekalahan akan membuat mereka mentok di angka 90, yang berarti Barcelona unggul meski memiliki poin akhir serupa. Sementara, jika meraih dua hasil imbang, poin maksimal adalah 89. Berdasarkan perhitungan itu, jalan Real Madrid jauh lebih terjal. (Fajar/jpg)

Jadwal Sisa Barcelona

30/04/2017 vs Espanyol (tandang)

06/05/2017 vs Villarreal (kandang)

14/05/2017 vs Las Palmas (tandang)

21/05/2017 vs Eibar (kandang)

Jadwal Sisa Real Madrid

29/04/2017 vs Valencia (kandang)

07/05/2017 vs Granada (tandang)

14/05/2017 vs Sevilla (kandang)

21/05/2017 vs Malaga (tandang)

TBA (Tunda) vs Celta Vigo (tandang)

loading...

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!