Jelang El Clasico, Ini 10 Fakta Kedua Tim yang Disampingkan – Fajar Sport
News Update

Jelang El Clasico, Ini 10 Fakta Kedua Tim yang Disampingkan

FAJAR SPORT, JAKARTA – Tinggal menghitung jam, dua klub raksasa Spanyol Real Madrid dan Barcelona akan bersua pada Laga jornada ke-33 yang bertajuk El Clasico di Santiago Bernabeu, Senin (24/4) dini hari WIB.

Laga yang menyedot perhatian dunia ini bakal menjadi penentu klub mana yang bakal menjadi juara La Liga Spanyol musim ini. Tuan rumah El Real sedikit diunggulkan untuk meraih titel juara tahun ini dengan mengoleksi 75 poin, unggul tiga poin dari El Barca di posisi kedua.

Selain itu, Los Blancos juga menyisakan satu laga yang makin memperkuat mereka ditahta pimpinan klasemen saat ini. Real Madrid juga dalam kondisi percaya diri usai dua kali mengalahkan juara Bundes Liga bayern Munchen di babak delapan besar Liga Champions.

Meski begitu, Barcelona juga memiliki peluang besar untuk meraih titel juara untuk berikutnya, jika mampu mengalahkan pasukan Zinedine Zidane di Barnabeu nanti.

Berikut tujuh fakta tentang El Clasico yang belumk diketahui saat ini seperti diberitakan oleh dari Pojok Satu (Jawa Pos grup), yang juga dikutip dari Marca. (Aiy/Fajar)

1. Rivalitas 115 Tahun

Perseteruan Real Madrid dan Barcelona sudah berlangsung sejak 115 tahun silam. Rivalitas paling panas di jagad sepak bola ini bermula ketika Barcelona mengalahkan Real Madrid 3-1 di Coronation Cup pada 13 Mei 1902.

Los Blancos memenangkan laga El Clasico pertama di ajang Liga Spanyol pada 17 Februari 1929 dengan skor 2-1. Namun Blaugrana langsung membalasnya pada musim yang sama dengan kemenangan 1-0.

2. Lionel Messi Top Skorer El Clasico dengan 21 Gol

Messi memimpin daftar top skorer el clasico dengan 21 gol dari 33 kali bentrok. Sebanyak 14 gol di antaranya dicetak di La Liga. Alfredo di Stefano menjadi top skorer Real Madrid di El Clasico dengan 18 gol, lebih banyak dua gol dari Cristiano Ronaldo yang baru melakoni delapan El Clasico. Messi sendiri tidak pernah mencetak gol dalam enam El Clasico terakhir.

3. Manuel Sanchis, tampil terbanyak di El Clasico

Manuel Sanchis, adalah bek Real Madrid di era Quinta del Buitre merupakan pemilik penampilan terbanyak di El Clasico. Dia mencatat 43 caps di El Clasico, 29 penampilan di antaranya di La Liga. Catatan Sanchis lebih banyak dua laga dari Paco Gento dan Raul Gonzalez.

Untuk kategori pemain yang masih aktif saat ini dipimpin oleh Andres Iniesta dengan 34 laga, atau satu laga lebih banyak dari Sergio Ramos dan Messi.

4. Skor Terbesar adalah 8-2

Skor 8-2 untuk Real Madrid adalah kemenangan dan defisit terbesar sepanjang sejarah El Clasico. Hal itu terjadi pada jornada ke-10 musim 1934/1935 di Santiago Bernabeu.

Kemenangan terbesar Barcelona di Bernabeu terjadi pada musim 1973/1974 dengan Johan Curyff menginspirasi kemenangan 5-0 Barca kala itu. Pada musim 2008/2009 Barca juga menang 6-2 dengan dua gol dari Messi, menjadi salah satu laga paling dikenang dalam sejarah El Clasico.

5. El Clasico Tidak Pernah Berakhir 0-0 dalam 15 Tahun Terakhir

Skor 0-0 di laga El Clasico terakhir kali terjadi pada 23 November 2002 dan itu pun saat laga dihelat di Camp Nou. Di Santiago Bernabeu, terakhir kali kedua tim bermain imbang tanpa gol terjadi pada 1986/2987.

6. Faktor Tuan Rumah Tak Pengaruhi Hasil Akhir

Faktor tuan rumah ternyata tidak banyak berpengaruh pada hasil akhir laga El Clasico. Fakta El Clasico ini berkaca pada tiga bentrok terakhir Barcelona menang 4-0 di Bernabeu lalu Madrid menang 2-1 di tempat yang sama. Tapi keduanya juga imbang 1-1 di Camp Nou.

7. Sergio Ramos dan Andreas Iniesta

Sergio Ramos dan Andres Iniesta adalah pemain Spanyol terakhir yang mencetak gol di El Clasico yang berlangsung di Santiago Bernabeu. Ramos mencetak gol dalam kemenangan 2-1 Madrid pada musim 2012/2013, sementara Iniesta membantu Barca menang 4-0 pada musim 2015/2016.

8. Real Madrid Selalu Cetak Gol dalam 55 Laga Terakhir

Kemenangan 4-2 Real Madrid atas Bayern Muenchen di perempat final Liga Champions membuat Los Blancos menyisakan catatan selalu mencetak gol dalam 55 laga terakhir. Sebaliknya, Barcelona ditahan imbang 0-0 di Camp Nou oleh Juventus dan tidak mencetak gol pada leg pertama di Turin.

9. Dominasi MSN

Bagi Barcelona, trio MSN (Messi, Suarez dan Neymar) adalah pencetak gol terbanyak mereka. Messi dan Luis Suarez membukukan 29 dan 23 gol, sementara Neymar 9. Total trio penyerang Barcelona itu sudah mencetak 61 gol dari 91 gol Blaugrana.

Sementara bagi Real Madrid, trio BBC (Bale, Benzema dan Cristiano Ronaldo) baru membukukan 35 dari 82 gol Los Blancos. Rinciannya, 19 gol Ronaldo, 9 gol Benzema dan 7 gol Bale.

Justru Alvaro Morata mencetak lebih banyak dari dua penggawa BBC, 11 gol. Isco dengan 9 gol dan Sergio Ramos 7 gol. Secara keseluruhan, semua pemain Madrid sudah mencetak gol, kecuali kiper.

10. Dua tim, 14 negara

Real Madrid dan Barcelona adalah dua tim terbaik di dunia. Secara keseluruhan pemain mereka berasal dari 14 negara Eropa dan Amerika. Pemain asal Spanyol tetap yang terbanyak.

Terbanyak kedua Brasil 5 pemain, lalu Prancis dan Portugal (4). Kroasia 3 pemain, Jerman dan Argentina masing-masing 2 pemain. Lainnya, Kostarika, Kolombia, Wales, Republik Dominika (Mariano lahir di Spanyol tapi memilih kewarganegaraan Dominika), Belanda, Turki dan Uruguay masing-masing satu pemain.

loading...

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!