Liga China dan Prancis Kuasai Bursa Transfer, Oscar Pecahkan Rekor – Fajar Sport
News Update

Liga China dan Prancis Kuasai Bursa Transfer, Oscar Pecahkan Rekor

FAJAR SPORT, JAKARTA – Bursa transfer musim dingin telah selesai. Semua klub telah menutup buku dan menatap serius sisa musim ini.

Dari hasil rekapitulasi sementara proses transfer sepanjang bulan Januari, Ligue 1 Prancis dan Liga Super China yang menguasai proses transfer dengan harga fantastic. Proses transfer di LSC begitu genjar di awal tahun. Paling menonjol adalah kepindahan geladang Chelsea asal Brasil, Oscar, menuju klub Chinese Super League (CSL), Shanghai SIPG, dengan biaya transfer 60 juta euro.

Berdasarkan data yang dihimpun Transfermarkt, kepindahan Oscar itu melibatkan jumlah uang paling banyak pada Januari 2017. Bahkan, transfer itu diyakini lebih mahal ketimbang saat Shanghai Shenhua memboyong Carlos Tevez dari Boca Juniors seharga 10,5 juta euro. Meski demikian, Tevez disebut-sebut memiliki nominal gaji yang justru paling tinggi.
Tiongkok dan Prancis mendominasi daftar 20-besar transfer termahal selama Januari 2017

Tiongkok dan Prancis mendominasi daftar 20-besar transfer termahal selama Januari 2017 (Transfermarkt.com)

Dari aftar 20-besar transfer termahal pada Januari 2017, tercatat ada lima aktivitas yang melibatkan klub-klub CSL. Selain Oscar, ada pula Odion Ighalo yang pindah dari Watford ke Changchun Yatai seharga 23,3 jua euro, Chengdong Zhang dari Beijing Sinobo Guoan ke Hebei China Fortune (20,44 juta euro), dan Axel Witsel dari Zenit St. Petersburg ke Tianjin Quanjian (20 juta euro).

Selain mereka yang masuk daftar 20-besar termahal, ada pula nama-nama besar lain yang menyita perhatian dengan kepindahan ke Tiongkok. Termasuk Alexandre Pato yang dibeli Tianjin Quanjian dari Villarreal senilai 18 juta euro, Tevez yang diangkut Shanghai Shenhua dari Boca Juniors (10,5 juta euro), dan John Mikel Obi yang diboyong Tianjin Teda dari Chelsea dengan bebas transfer.

Menariknya, geliat transfer klub-klub Tiongkok seolah menutup aktivitas ramai dalam bursa di Prancis. Padahal, klub-klub kaya Ligue 1 juga banyak menggelontorkan uang demi memboyong pemain dengan nama besar.

Contohnya Paris Saint-Germain yang merekrut Julian Draxler dari VfL Wolfsburg seharga 40 juta euro dan Goncalo Guedes dari Benfica senilai 30 juta euro. Dua nama itu bertengger di posisi kedua dan keempat daftar transfer termahal pada Januari 2017.

Rival PSG, Olympique Marseille dan Olympique Lyonnais pun tak mau kalah. Marseille membawa pulang Dimitri Payet dari West Ham United seharga 29,3 juta euro sedangkan Lyon merekrut bintang muda Belanda yang gagal bersinar di Manchester United, Memphis Depay, dengan bandrol 16 juta euro.

loading...

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!