Tak Beda dengan Abduh Lestaluhu, Boaz Salossa Juga Berdarah Sepakbola – Fajar Sport
Sportainment

Tak Beda dengan Abduh Lestaluhu, Boaz Salossa Juga Berdarah Sepakbola

FAJAR SPORT, JAKARTA – Kapten timnas Indonesia, Boaz Salossa gagal membawa skuad Garuda Muda meraih Piala AFF 2016.

Meski gagal pada turnamen akbar di Asia Tenggara, tak membuat nama Boaz diolok-olok oleh para fans, namun dia menjadi idola tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Pemain Persipura Jayapura ini dijadwalkan bakal membuat pesta di kampung halamannya usai mendapat bonus dari pemerintah.

Kapten Persipura ini merupakan anak dari pesepakbola, Christopher Solossa. Christopher tercatat pernah membela klub lokal di tahun 70-an dimana, sang ayah mempunyai posisi sama dengan Boaz. Garuda Sorong adalah klub ayah Boaz saat itu.

Melihat peluang sepakbola tak menjanjikan, sang ayah lebih memilih untuk fokus ke pendidikan dan memilih untuk gantung sepatu. Bakat tersebut diturunkan kepada anak-anaknya, yakni Ortisan Salossa dan Boaz Salossa. Boaz juga menjadi saksi hidup ayahnya meninggal di dalam lapangan.

Saat itu, Christopher yang saat itu menjadi camat Sorong menghembuskan nafas terakhir di dalam lapangan saat mendapat serangan jantung. Boaz yang menonton laga tersebut melihat langsung sang ayah menarik nafas terakhir pada laga ekshibisi antara turnamen tarkam Jago Kapok Cup di tahun 2000.

Boaz yang menjadi binaan SSB Putra Yohan itu bangkit menjadi bintang Indonesia, dan mampu menjadi penyatu bagi masyarakat Papua sendiri. Sebelumnya, Papua dibedakan menjadi masyarakat Pante (pesisir-red) dan masyarakat gunung.

Boaz menjelma menjadi kebanggan masyarakat Papua setelah tampil bersama skuad Merah Putih di beberapa turnamen internasional. Bukan hanya itu, SBB Putra Yohan juga hasil dari karya almarhum ayahnya. Kini pemain kelahiran 1986 itu menjadi idola bagi masyarakat Sorong dan Indonesia secara keseluruhan.

Meski gagal meraih Piala AFF tak membuat masyatakat Sorong, Papua merasa kecewa dengannya, namun mereka bangga kepada pemain 30 tahun itu. (Aiy/Fajar)

loading...

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!