Dari Juara, Hingga Top Skor dan Pemain Terbaik Diambil Thailand – Fajar Sport
News Update

Dari Juara, Hingga Top Skor dan Pemain Terbaik Diambil Thailand

FAJAR SPORT, THAILAND – Thailand berhasil menyapu bersih penghargaan di Piala AFF 2016. Selain menjadi juara, tim Gajah Putih juga berhasil meraih pemain terbaik dan top skorer pada turnamen tersebut.

Teerasil Dangda keluar sebagai top skorer dengan 6 golnya, sementara pemain mungil Thailand, Chanathip Sonkrasin menjadi pemain terbaik.

Meski hanya mencetak satu gol dalam semua laga, Chanathip tampil luar biasa sepanjang pertandingan. Dia juga menjadi pemain yang tak tergantikan di skuad utama. Atas kepiawaiannya menggiling si kulit bundar, hingga dia dijuluki sebagai Messinya Thailand.

Pemain berusia 23 tahun tersebut sudah mengoleksi 2 assist dan menjadi kreator peluang Thailand sebanyak 9 kali. Selain itu, dia juga sudah melepas total 279 umpan.

Memang, semua catatan itu bukanlah yang terbaik pada Piala AFF 2016. Namun konsistensi Chanathip membuatnya dirasa laik diganjar gelar MVP. Ini sekaligus menjadi kali kedua Chanathip menjadi MVP setelah sebelumnya pada edisi 2014. Dia menjadi pemain pertama yang mampu mempertahankan gelar MVP dalam dua edisi beruntun.

Sementara itu, Teerasil untuk ketiga kalinya dinobatkan sebagai top skorer Piala AFF berkat torehan 6 gol sepanjang turnamen tahun ini. Sebelumnya, dia juga menjadi top skorer pada edisi 2008 (4 gol bersama Budi Sudarsono dan Agu Casmir), dan 2012 (5 gol).

Menariknya, baru kali ini Teerasil berhasil menyandingkan gelar top skorer dan trofi juara. Pada 2008 dan 2012, dia hanya sanggup membawa Thailand menjadi runner-up.

Total, Teerasil sudah mengoleksi 15 gol sepanjang keikutsertaan di turnamen terakbar antarnegara se-Asia Tenggara itu. Dia berada di peringkat kedua daftar top skorer sepanjang masa bersama Le Cong Vinh dan Worrawoot Srimaka, dan berjarak dua gol dari rekor terbayak milik Noh Alam Shah (17 gol). (Fajar/JPG)

loading...

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!