Inilah Perjalanan Karir Sepakbola Zlatan Ibrahimovic Sepanjang Masa – Fajar Sport
Sportainment

Inilah Perjalanan Karir Sepakbola Zlatan Ibrahimovic Sepanjang Masa

FAJAR SPORT, JAKARTA – Sepakbola memang salah satu cabang olahraga yang sangat diminati oleh manusia di dunia, baik itu wanita maupun pria. Tak sedikit yang menjadikan salah satu pemain top dunia sebagai idola mereka, sebut saja Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Sergio Aguero, Zlatan Ibrahimovic, Pablo Aimar (Idola penulis-red) dan lainnya.

Berkat kehebatan mereka dalam mengolah sikulit bundar,membuat mereka menjadi terkenal diseluruh belahan bumi ini. Kali ini Fajar Sport akan mengupas sedikit tentang sepak terjang eks kapten internasional Swedia, Zlatan Ibrahimovic, bukan Pablo Aimar yang menjadi idola penulis.

Pemain dengan tinggi hampir dua meter ini tak salah dijadikan sebagai idola atau panutan dalam lapangan hijau. Pemain yang lahir di Malmo, Swedia ini mampu menjadi salah satu pemain top dunia, dan tidak sedikit klub raksasa Eropa menggunakan jasanya untuk meraup keuntungan dan raih trofi liga.

Baca Juga: Striker Barcelona Ini Sebut ATM Lebih Jago dari Real Madrid

Sebut saja Ajax, Inter Milan, Juventus, AC Milan, Barcelona, Paris Saint Germain, hingga Manchester United saat ini. Sebelum bergabung dengan klub raksasa di atas, Ibra (nama pendeknya) sempat membela klub kelahirannya, Malmo FC dari musim 1995 sampai 2001, yang selanjutnya bergabung dengan AFC Ajax.

AFC Ajax

movik-ajax

Ajax berhasil merekrut Ibar dari Malmo di tahun 2001 dengan nilai transfer 7,8 juta Euro, nilai ini menjadi angka transfer terbesar yang pernah didapat klub Swedia. Ibra hanya bermain untuk Ajax selama tiga musim, yakni 2001 sampai 2004.

Ibra berhasil mencetak enam gol dari 26 penampilan bersama Ajax. Raihan ini membawa Ibra mengangkat trofi pertama di eradevisi Belanda. Ibra juga sempat menikmati atmosfer Liga Champions bersama Ajax meski akhirnya disingkirkan oleh AC Milan.Tepat AGustus 2004, Ibra diboyong ke kota Turin Juventus.

Juventus

TURIN, ITALY:  Juventus' Sweden foward Zlatan Ibrahimovic (R) leaves the field with his captain Alessandro Del Piero at the end of  Italian serie A football match against Lazio at Delle Alpi stadium inTurin 05 December 2004. Juventus won the match 2-1.  AFP PHOTO/ Paco SERINELLI  (Photo credit should read PACO SERINELLI/AFP/Getty Images)

Ibrahimovic resmi berjersey Juventus di tahun 2004 setelah didatangkan dari Ajax dengan nilai transfer sebesar 19 juta Euro. Paska merumput di Juventus, Ibrahimovic langsung mendapatkan tempat utama di tim. Dia menjadi pengganti striker David Trezeguet yang cedera.

Ibra juga termasuk pemain yang mengantarkan Juventus meraih gelar Seri A, serta mendapat gelar penghargaan Guldbollen. Ibra hanya bertahan di markas Turin selama dua tahun saja. Alasan kepindahan Ibra ke klub lain lnataran Juventus terdegradasi ke Seri B. Ibra langsung pindah ke Inter Milan pada Agustus 2006 dengan nilai transfer sebesar 24,8 juta Euro.

Inter Milan

MILAN, ITALY - FEBRUARY 15:  Zlatan Ibrahimovic (L) of Inter Milan is challenged by Gianluca Zambrotta of AC Milan during the Serie A match between Inter Milan and AC Milan at the Stadio Giuseppe Meazza on February 15, 2009 in Milan, Italy.  (Photo by New Press/Getty Images)

Ibra berada di Inter Milan tiga tahun, namun Ibra berhasil menyumbangkan berbagai trofi kepada Inter, baik Scudetto maupun Liga Champions. Ibra juga beberapa kali menjadi kunci kemenangan Nerazzurri dihampir semua pertandingan. Tepat dimusim 2009, Ibra resmi dipinang oleh raksasa Spanyol Barcelona.

Barcelona

zlatanibrahimovicbarcelonavmallorcala91bdwuzpwsbl

Pada Juli 2009, Zlatan Ibtahimovic resmi pindah ke Barcelona. Selama membela Barcelona sebenarnya Ibra menunjukkan performa yang cukup baik. Puncaknya ialah pada duel El Classico melawan Real Madrid, ia mampu mencetak gol semata wayang untuk memperjauh selisih point dari rival abadinya, yang akhirnya pada tahun tersebut Barcelona kembali berhasil menyabet gelar La Liga, sebelum akhirnya Ibra dipinjamkan ke salah satu raksasa liga Italia, AC Milan.

AC Milan

(L-R) AC Milan's Swedish forward Zlatan Ibrahimovic, AC Milan's defender Gianluca Zambrotta, AC Milan's French midfielder Mathieu Flamini and AC Milan's Dutch midfielder Clarence Seedorf celebrate after Flamini's score against Bari during their Italian Serie A football match at Bari's stadium on November 7, 2010.  AFP PHOTO / ANDREAS SOLARO (Photo credit should read ANDREAS SOLARO/AFP/Getty Images)
Setelah dianggap bermain dibawah performa selama membela Barcelona. Akhirnya pada 28 Agustus 2010, manajemen Barcelona meminjamkan Ibra ke AC Milan. Tepat di 2011, Barcelona melepaskan Ibra ke Milan sebagai pemain permanen.

Paris Saint Germain

movis-psg

Hanya setahun bermain di San Siro, Ibra langsung dipinang oleh raksasa Prancis, Paris Saint Germain (PSG) di tahun 2012 sampai akhir 2015. Ibra juga dianggap berhasil di PSG, dan menjadi klub yang subur beberapa tahun terakhir, setelah mereka secara beruntun memenangkan Legue 1 Prancis.

Diakhir musim 2015, Jose Mourinho langsung menarik Ibra dari PSG untuk bergabung di Old Trafford bersama Wayne Rooney dan Paul Pogba.

Tim Nasional Swedia

zlatan4-jpg
Ibrahimovic memulai karir internasionalnya bersama tim Nasional Swedia pada 31 Januari 2001,pada sebuah pertandingan persahabatan melawan Kepulauan Feroe. Sedangkan penampilan pertamanya pada kompetisi internasional terjadi pada saat Piala Dunia 2002, namun sayang Swedia disingkirkan oleh Senegal pada kompetisi tersebut.

Ibrahimovic resmi mengumunkan pensiun dari tim internasionalnya di tahun 2016, setelah dia gagal membawa negaranya menembus babak pengisihan UERO 2016

Manchester United

MANCHESTER, ENGLAND - SEPTEMBER 29:  Zlatan Ibrahimovic of Manchester United celebrates following his sides 1-0 victory during the UEFA Europa League group A match between Manchester United FC and FC Zorya Luhansk at Old Trafford on September 29, 2016 in Manchester, England.  (Photo by Laurence Griffiths/Getty Images)

Ibra saat ini membela Manchester United setelah didatangkan dari PSG pada awal musim ini. Ibra juga tercatat sebagai pemain subur bersama MU, meski usianya sudah tidak lagi semuda dulu. Dia sering menjadi ancaman bagi lawannya.

Ibra juga sudah menyumbangkan beberap biji gol buat MU, dan kini dia menjadi pilihan utama Jose Mourinho di lini depan MU. (Aiy/Fajar)

loading...

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!