Absen 5 Tahun, Piala Gubernur Jatim Kembali Bergulir

by

SPORT-FAJAR.CO.ID, SURABAYA–Piala Gubernur Jawa Timur kali terakhir digelar pada 2014. Saat itu Persik Kediri keluar sebagai jawara setelah mengandaskan Gresik United di partai final. Setelah absen selama lima tahun, tahun ini turnamen tersebut kembali digelar.

Rencananya, delapan tim ambil bagian. Lima klub Liga 1 asal Jatim dipastikan turut serta. Tiga slot lainnya diisi Persija Jakarta, Bhayangkara FC, dan satu tim asal Malaysia Sabah FC. Peserta dibagi menjadi dua grup.

Jika terwujud, turnamen tersebut bisa menjadi ajang reuni bagi Andik Vermansah bersama dua mantan klubnya, Persebaya Surabaya dan Madura United. Sebab, klub Andik saat ini, Bhayangkara FC, akan bergabung dengan dua klub tersebut di grup A. Satu slot lainnya diisi Persik Kediri.

Pertemuan Bhayangkara FC kontra Persebaya pasti akan sangat dinantikan Bonek. Berlaga di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, Bonek diprediksi memenuhi tribun saat laga berlangsung. Apalagi, proses bergabungnya pemain kelahiran Jember itu sempat ’’memanaskan” dunia maya.

Direktur Teknik Bhayangkara FC Yeyen Tumena mengatakan, bergabungnya Andik bukan karena nilai kontrak. Jika terkait hal itu, menurut Yeyen, timnya tidak akan mampu mengalahkan tawaran klub lain.

Ditanya apa alasannya, Yeyen meminta bertanya langsung kepada Andik. Yang pasti, perekrutan yang dilakukan manajemen bukan soal berburu pemain bintang. ’’Tapi, sesuai dengan kebutuhan tim. Jadi, kami bukan memilih harga, tapi memilih apa yang dibutuhkan,’’ ucapnya.

Dalam latihan perdana kemarin (30/1) di Stadion PTIK, Andik belum tampak. ’’Saya kurang jelas izin kenapa. Yang pasti tanggal 1 atau 2 Februari dia janji datang untuk latihan,’’ tutur CEO Bhayangkara FC Sumardji.

Sementara itu, grup B Piala Gubernur Jatim yang dirancang digelar di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, dihuni Arema FC, Persela Lamongan, Persija, dan Sabah FC. Piala Gubernur Jatim 2020 direncanakan kickoff pada 10 Februari di Bangkalan. Dalam satu hari, akan ada dua pertandingan. Sore dan malam. Apabila sesuai rencana, laga final akan digelar pada 20 Februari.

Melalui Media Officer Sudarmaji, Arema FC mengaku siap saat ditunjuk sebagai salah satu tuan rumah babak grup. ”Arema FC menyambut baik gelaran ini. Semoga turnamen ini berjalan sukses.” kata Sudarmaji.

Di sisi lain, Asprov PSSI Jatim belum berbicara banyak. Memang tidak mengelak, hanya asprov masih akan menggodok lagi bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. ”Bukan berarti belum resmi. Tetapi, kami masih harus menghadap ke Ibu Gubernur untuk melaporkan perkembangannya. Sekaligus mohon arahan selanjutnya,” ucap Sekum Asprov PSSI Jatim Amir Burhanuddin.

Rencana Pembagian Grup Piala Gubernur Jatim 2020

Grup A

Madura United

Persebaya Surabaya

Persik Kediri

Bhayangkara FC

Grup B

Arema FC

Persela Lamongan

Persija Jakarta

Sabah FA

Daftar Juara Piala Gubernur Jatim

2002: Persik Kediri

2003: Persela Lamongan

2004: Persik Kediri

2005: Persebaya Surabaya

2006: Persik Kediri

2007: Persela Lamongan

2008: Persik Kediri

2009: Persela Lamongan

2010: Persela Lamongan

2012: Persela Lamongan

2013: Arema FC

2014: Persik Kediri

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *