Quartararo Tak Peduli “Mitos” Sirkuit

by
Pembalap Petronas Yamaha, Fabio Quartararo/TOBIAS SCHWARZ/AFP/Getty Images

FAJAR.CO.ID, MOTEGI—Pembalap muda, Fabio Quartararo menegaskan asumsi sirkuit tertentu sangat menentukan untuk kekuatan motor pabrikan di MotoGP bukan hal yang ia yakini. Makanya, ia percaya diri masih bisa bersaing di Motegi, akhir pekan ini.

Yamaha memang telah mengalami masa yang sulit di Motegi dalam beberapa musim terakhir. Sejak 2015, pembalap Yamaha bahkan tidak pernah tampil di podium MotoGP Jepang. Ini karena jalur Motegi yang lurus, tikungan yang lambat, dan beberapa area akselerasi yang secara teoritis lebih sesuai dengan Honda atau Ducati dan sebaliknya menetralisir kekuatan Yamaha dalam kecepatan di tikungan.

Namun, Quartararo yakin dia dapat mengulangi performa bagusnya dengan bertarung bersama Petronas Yamaha akhir pekan ini. Sebelumnya, di beberapa balapan terakhir, rider Prancis itu selalu menjadi lawan utama Marc Marquez. Termasuk di Thailand ketika ia memimpin lomba sejak awal hingga lap terakhir sebelum disalip Marquez jelang finis.

“Saya pikir tahun ini banyak kali saya mendengar bahwa Yamaha tidak akan berjalan dengan baik di beberapa trek, seperti Austria, tetapi kami berhasil naik ke podium. Sejujurnya, sekarang aku tidak berpikir tentang trek Yamaha atau Honda,” tegas Quartararo di Crash.

Quartararo mengklaim kemenangan dalam balapan Moto2 tahun lalu di Jepang. Namun, ia didiskualifikasi karena pelanggaran teknis pasca-balapan. Sebagai salah satu trek favoritnya di kalender balapan, ia sangat menikmati akhir pekan ini dan menargetkan bisa meraih kemenangan perdananya di MotoGP.

“Saya harus fokus pada akhir pekan ini karena ini adalah trek yang sangat saya sukai dan kami akan melakukan yang terbaik dan bekerja seperti yang kami lakukan selama semua balapan, langkah demi langkah, dan kami telah melihat ramalan cuaca untuk hari Sabtu yang hujan deras sehingga kita perlu mempelajari lintasan dengan sangat cepat,” jelasnya. (amr)

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *