Preview: Barcelona vs Villareal: Tolong Kapten!

by
Lionel Messi/Getty Images

FAJAR.CO.ID, BARCELONA—Barcelona  akan menjamu Villareal di jornada keenam La Liga, dinihari nanti. Pasca kekalahan memalukan di markas Granada, Raksasa Catalan wajib mengamankan kemenangan di Camp Nou.

INI tentu bukan pekerjaan mudah. Pasca kekalahan memalukan di Estadio Nuevo Los Carmenes, situasi ruang ganti Blaugrana dikabarkan memburuk. Laporan ESPN menyebutkan bahwa pemain Barca mulai kehilangan kepercayaan pada pelatih Ernesto Valverde.

Selain ketegangan di ruang ganti, problem yang cukup mengkhawatirkan pencinta Barca jelang pertandingan ini adalah sektor pertahanan. Di lima laga awal, gawang Marc Andre ter Stegen sudah jebol sembilan kali atau rata-rata hampir dua gol per laga.

Jumlah kebobolan ini merupakan yang terbanyak di La Liga sejauh ini. Dan itu sangat mengkhawatirkan mengingat Barca tidak pernah kebobolan begitu banyak gol di lima pertandingan dalam 10 musim terakhir La Liga.

Pada musim 2018/2019, Barcelona yang sudah mengoleksi 13 poin di lima laga awal hanya kebobolan lima gol. Tahun sebelumnya, mereka mengantongi 15 poin pada lima partai awal dan hanya kebobolan dua gol.

Barca yang saat ini di peringkat kedelapan dengan tujuh angka memang terlihat sangat keropos. Lawan mereka dengan mudah menerobos pertahanan Barcelona, ​​baik tandang maupun di Camp Nou. Khusus di kandang, Real Betis dan Valencia masing-masing bisa mencetak dua gol.

Kalau Betis dan Valencia mampu menggetarkan jala gawang Barca, Villareal tentu juga punya peluang. Saat ini, Villareal adalah klub paling subur dengan total 12 gol dalam lima laga awal atau rata-rata mencetak 2,4 gol per pertandingan.

Ancaman paling serius bagi sektor benteng Barca adalah Gerard Moreno. Penyerang kelahiran 7 April 1992 itu saat ini merupakan top skor La Liga dengan torehan lima gol. Catatan golnya sama dengan bomber Real Madrid, Karim Benzema.

Selain membenahi benteng, Barca juga membutuhkan pertolongan sang kapten, Lionel Messi. Messi dianggap memiliki banyak kaitan dengan krisis Barcelona saat ini, meski ia baru tampil 75 menit.

Ia memang tidak secara langsung bertanggung jawab atas hasilnya, namun superstar Argentina ini sudah membuat banyak kebisingan di luar lapangan. Itu setelah ia mengomentari keadaan tim dan apa yang mereka butuhkan untuk sukses. Sebagai kapten, Messi harusnya tidak melakukan itu di awal musim dan ia kini mesti melindungi pemain Barca dan menghindari pemberontakan selama periode yang sulit ini.

BACA JUGA:

Pantas Messi Kalah, Lihat VIDEO Gol Daniel Zsori yang Raih FIFA Puskas Award

Kalahkan Ronaldo, Messi Pemain Terbaik FIFA

Benarkah Messi Akan Tinggalkan Barcelona? Ini Pendapat Mantan Kapten

Valverde sendiri menegaskan bahwa mereka memang perlu berbenah. “Ini terkait dengan apa yang telah kita katakan, kita belum membaik. Kami kehilangan ketepatan di sepertiga akhir. Kami akan berusaha meningkatkan diri,” kata Valverde di MARCA.

Luis Suarez yang diprediksi akan mendampingi Messi bersama Antoine Griezmann menjelaskan, mereka harus mengevaluasi hasil buruk tim agar bisa langsung bangkit. “Kami harus menganalisis banyak hal dan bersikap kritis terhadap diri sendiri. Ini akan menjadi tahun yang panjang dan rumit,” ujar Suarez di Sport.

Di kubu Villareal yang datang dengan modal kemenangan 2-0 atas Real Valladolid, pelatih  Javier Calleja tak ingin terlalu percaya diri akan mencuri poin di Camp Nou. Baginya, Barca tetap favorit. “Kami memiliki lawan yang sangat serius dan sangat rumit di depan kami,” kata Calleja di Be Soccer.

Namun, gelandang Villareal, Ruben Pena tampaknya yakin bisa mempersulit Barca seperti halnya di pertemuan terakhir ketika mereka bermain imbang 4-4. “Bermain di lapangan Barca selalu rumit, tetapi kami akan berusaha membuat diri kami kuat di sana,” kata Pena di Elperiodicomediterraneo.

Salah satu kunci untuk menorehkan kemenangan bersejarah di Camp Nou menurut Pean adalah mengendalikan permainan. “Kami akan menjadi Villarreal, untuk memenangkan permainan. Ayo pergi dengan semua moral. Kami ingin hasil bagus dan jika itu tiga poin lebih baik,” tandasnya.

Barca masih tanpa Jordi Alba dan Samuel Umtiti. Ousmane Dembele sementara itu sudah pulih dari hamstring dan kemungkinan siap bermain meski harus mengantre di belakang Messi, Suarez, dan Griezmann. Di sektor tengah, Arthur dan Sergio Busquets kemungkinan akan menjadi starter kembali. Adapun Villarreal, selain gelandang Bruno Soriano dan bek Alberto Moreno, seluruh anggota skuat dalam kondisi fit. (amr)

Prakiraan Pemain

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Roberto, Pique, Lenglet, Semedo; Arthur, Busquets, De Jong; Messi, L Suarez, Griezmann

Villarreal (4-3-3-): Asenjo; Quintilla, Torres, Albiol, Pena; Iborra, Cazorla, Gomez; Chukwueze, Moreno, Ekambi

 

Head to head

02/04/19 Villareal 4-4 Barcelona

02/12/18 Barcelona 2-0 Villareal

09/05/18 Barcelona 5-1 Villareal

10/12/17 Villareal 0-2 Barcelona

06/05/17 Barcelona 4-1 Villareal

 

Lima pertandingan terakhir Barcelona

26/08/19 Barcelona 5 – 2 Real Betis

31/08/19 Osasuna 2 – 2 Barcelona
15/09/19 Barcelona 5 – 2 Valencia
18/09/19 Borussia Dortmund 0 – 0 Barcelona
22/09/19 Granada 2 – 0 Barcelona
Lima pertandingan terakhir Villareal
18/08/19 Villarreal 4 – 4 Granada
24/08/19 Levante 2 – 1 Villarreal
02/09/19 Villarreal 2 – 2 Real Madrid
14/09/19 Leganés 0 – 3 Villarreal
21/09/19 Villarreal 2 – 0 Real Valladolid

 

Statistik La Liga

BARCELONA

Posisi: 8

Main: 5

Menang: 2

Imbang: 1

Kalah: 2

Gol: 12

Kebobolan: 9

Poin: 7

Cleansheet: 0

Rataan gol: 2,4

Rataan kebobolan: 1,8

Rataan gol pertama: 31 menit

Rataan kebobolan pertama: 28 menit

Gagal mencetak gol: 2

Kemenangan terbesar: 5-2

Kekalahan terbesar: 0-2

Tembakan per laga: 12,8

Rataan penguasaan bola: 65,9 %

Akurasi passing: 88,9 %

VILAREAL

Posisi: 7

Main: 5

Menang: 2

Imbang: 2

Kalah: 1

Gol: 12

Kebobolan: 8

Poin: 8

Cleansheet: 2

Rataan gol: 2,4

Rataan kebobolan: 1,6

Rataan gol pertama: 30 menit

Rataan kebobolan pertama: 52 menit

Gagal mencetak gol: 0

Kemenangan terbesar: 3-0

Kekalahan terbesar: 1-2

Tembakan per laga: 14,2

Rataan penguasaan bola: 52,0 %

Akurasi passing: 82,9 %

 

PEMAIN KUNCI

BARCELONA

Top ratings

Antoine Griezmann: 7,41

Frenkie de Jong: 7,17

Carles Perez: 7,06

Top goals

Luis Suarez: 2

Antoine Griezmann: 2

Anssumane Fati: 2

Top assist

Antoine Griezmann: 2

Sergi Roberto: 2

Carles Perez: 2

VILLAREAL

Top ratings

Gerard Moreno: 8,03

Andre-Frank Zambo Anguissa: 7,44

Santi Cazorla: 7,42

Top goals

Gerard Moreno: 5

Santi Cazorla: 2

Moi Gomez: 2

Top assist

Santi Cazorla: 2

Karl Toko Ekambi: 2

Moi Gomez: 1

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *