Preview Serbia vs Portugal: Ujian Ronaldo dan Penerusnya

by
Pemain Portugal bersiap menghadapi Serbia/Patricia De Melo Moreira / AFP / Getty Images

FAJAR.CO.ID, BEOGRAD—Juara Eropa, Portugal akan mencari kemenangan pertama mereka di Kualifikasi UEFA Euro 2020, ketika mereka menghadapi Serbia pada Minggu, 8 September, dinihari. Laga ini akan berlangsung di Stadion Rajko Mitic di Beograd.

Portugal yang Juli lalu menjuara UEFA Nations League sejauh ini belum bisa menunjukkan penampilan terbaik dalam kampanye kualifikasi mereka. Pada laga pertama Grup B, Seleccao bermain imbang 0-0 dengan Ukraina (0-0). Lalu, mereka ditahan imbang 1-1 oleh Serbia.

Dengan hanya dua poin dari dua pertandingan, mereka berada di tempat keempat dalam klasemen grup, terpaut delapan poin dari pemuncak klasemen, Ukraina yang telah menyelesaikan empat laga. Makanya, laga ini cukup vital bagi anak asuh Fernando Santos.

Menghadapi Serbia, Santos diharapkan bermain dalam formasi 4-4-2 dengan memasangkan sang kapten Cristiano Ronaldo dengan bintang baru yang tengah bersinar yang juga calon penerusnya, Joao Felix. Sementara di lini tengah, pemain serba bisa Manchester City, Bernardo Silva dipastikan akan mendapat satu tempat.

Bernardo Silva akan bermain dengan Bruno Fernandes yang beroperasi di sisi kiri. Dua tempat lainnya di lini tengah kemungkinan besar akan menjadi milik bintang Wolverhampton Wanderes,  Ruben Neves dan William Carvalho. Mengawal kiper Rui Patricio, empat bek yang akan menjadi pilihan Santos yakni Nelson Semedo, Raphael Guerreiro, Jose Fonte dan Ruben Dias.

Nama-nama seperti Andre Gomes, Andre Silva, Joao Mario dan Cedric Soares, hingga bek veteran Pepe tidak masuk dalam skuat. Walau begitu, Rafa Silva, Goncalo Guedes dan Jota, Seleccao akan membuat bangku cadangan tim tamu tetap memiliki kualitas yang berlimpah.

Bagaimana dengan Serbia? Meski kini di posisi ketiga dengan poin empat, situasi Serbia tidak jauh lebih baik. Setelah memulai kampanye dengan hasil imbang 1-1 melawan Portugal, mereka digasak 0-5 oleh Ukraina. Mereka bangkit kembali dengan kemenangan 4-1 melawan Lithuania. Hasil buruk itu membuat pelatih Mladen Krstajic dipecat dan Ljubisa Tumbakovic ditunjuk sebagai penggantinya.

Untuk pertandingan ini, Luka Milivojevic kembali ke skuat Serbia setelah sempat diasingkan mantan pelatih Krstajic setelah Piala Dunia tahun lalu. Pemain lain yang dibekukan juru taktik sebelumnya, Matija Nastasic, juga dipanggil kembali setelah pulih dari infeksi. Namun, Nemanja Maksimovic masih absen karena cedera.

Manajer Tumbakovic menurut The Hard Tackle biasanya menggunakan formasi 4-2-3-1. Kemungkinan formasi itu akan tetap diguanakan. Marko Dmitrovic akan turun di bawah mistar gawang. Ia akan dikawal empat bek; Antonio Rukavina, Aleksandar Kolarov, Uros Spajic dan Nikola Milenkovic.

Sang manajer kemungkinan akan mengambil inisiatif sedikit bertahan. Itu berarti duo Premier League; Nemanja Matic dan Luka Milivojevic kemungkinan akan turun sebagai starter. Posisi No. 10 sementara itu kemungkinan besar akan ditempati bintang Lazio Sergej Milinkovic-Savic.

Bomber Ajax, Dusan Tadic dan penyerang Filip Kostic asal Eintracht Frankfurt akan menjadi andalan Serbia di lini serang. Mereka akan bahu membahu dengan Aleksandar Mitrovic. Striker Real Madrid, Luka Jovic harus memberi tempat pada Mitrovic setelah penampilan kurang maksimal di level klub. (amr)

 

Prakiraan Pemain

Serbia (4-2-3-1): Dmitrovic; Rukavina, Milenkovic, Spajic, Kolarov; Milivojevic, Matic; Tadic, Milinkovic-Savic, Kostic; Mitrovic

Portugal (4-4-2): Patricio; Semedo, Fonte, Dias, Guerreiro; Bernardo Silva, Carvalho, Neves, Fernandes; Felix, Ronaldo

 

Head to head

26/03/19 Portugal 1-1 Serbia
11/10/15 Serbia 1-2 Portugal
30/03/15 Portugal 2-1 Serbia
13/09/07 Portugal 1-1 Serbia
29/03/07 Serbia 1-1 Portugal

Lima Pertandingan Terakhir Serbia
21/11/18 Serbia 4-1 Lithuania
21/03/19 Jerman 1-1 Serbia
26/03/19 Portugal 1-1 Serbia
08/06/19 Ukraina 5-0 Serbia
11/06/19 Serbia 4-1 Lithuania

Lima Pertandingan Terakhir Portugal
21/11/18 Portugal 1-1 Polandia
23/03/19 Portugal 0-0 Ukraina
26/03/19 Portugal 1-1 Serbia
06/06/19 Portugal 3-1 Swiss
10/06/19 Portugal 1-0 Belanda

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *