Terungkap Bagaimana Jaket Canggih Selamatkan Dovi di Silverstone

by
Insiden Dovi dan Quartararo (FOX Sports)

FAJAR.CO.ID, SILVERSTONE—Balap motor adalah olahraga yang berbahaya. Namun, Dorna Sports, FIM dan IRTA bekerja tanpa henti untuk membuat MotoGP seaman mungkin. Dan insiden kecelakaan besar yang melibatkan Fabio Quartararo dan Andrea Dovizioso di Sirkuit Silverstone, pekan lalu membuktikan klaim itu.

Dalam kecelakaan yang melibatkan pembalap Petronas Yamaha SRT dan Tim Ducati tersebut, bagaimana keputusan penggunaan jaket airbag oleh setiap pengendara sudah mencegah kedua rider dari cedera yang lebih serius meski insiden itu terlihat cukup fatal. Saat itu, Dovi tidak mampu menghindari motor Quartararo di tikungan 1 dari lap pertama.

Dikutip dari situs MotoGP, salah satu pemasok jaket balap, Alpinestars, digunakan oleh Quartararo dan Dovizioso, merilis data dari dampak penggunaan teknologi canggih itu kepada kedua pengendara. Quartararo, dengan sistem ‘Tech-Air’, pembalap muda Prancis itu terlindungi setelah sistem pada jaket airbag-nya mengembang 60 milidetik sebelum dampak pertama dengan aspal.

Sementara Dovi, yang tidak punya kesempatan menghindari tabrakan dengan motor Quartararo bisa selamat dari cedera serius karena jaket canggih ini. Sistem ‘Tech-Air’ tidak segera mengembang segera setelah Dovi menabrak Yamaha, tetapi saat sang rider akan melakukan kontak dengan tanah. Menurut Alpinestars, itu mengembang 150 milidetik sebelum dampak.

Sistem airbag diwajibkan di semua kategori pada awal musim 2018. Meski itu tidak selalu mencegah pengendara mengalami cedera, teknologi ini- kemungkinan besar – menyelamatkan Quartararo dan Dovizioso dari cedera lebih lanjut. Jadi, jelas itu teknologi fantastis yang membuat balapan jadi lebih aman. (amr)

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *