Program KESORGA Gowa Libatkan Pakar

by
IST

FAJAR.CO.ID, SUNGGUMINASA—Salah satu program pemerintah kabupaten Gowa adalah kesehatan olahraga yang disingkat dengan nama KESORGA. Program ini disambut baik oleh Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dispora, Ormas dan Perhimpunan Olahraga.

Setiap puskesmas telah membuat kegiatan yang muaranya KESORGA.  Adapun nama-nama program yang sudah launching dengan Tagline “KESORGA” adalah Lorong KESORGA, Sabtu Lansia Sehat (Saleha/PKM Somba Opu), GS 8, Tali KESORGA (Kecamatan Peduli Kesehatan Olahraga/ PKM Bontomarannu ),  Gembira KESORGA (Gerakan Pembinaan Kesehatan Olahraga/ PKM Kanjilo), Gempita KESORGA (PKM Moncobalang), Punggawa KESORGA (PKM Tamaona), “BATU KESORGA” (Bontonompo siAp unTuk sUkseskan KESehatan OlahRaGA /PKM Bontonompo II), serta GS, lorong KESORGA dan lain-lain.

Semua program ini mengarah ke upaya peningkatan derajat kebugaran jasmani dimana program tersebut menggunakan  pedoman BBTT yaitu benar, baik, terukur dan terencana. Untuk menguji sejauh mana dampak darr program KESORGA tersebut, pihak Balitbangda Gowa melakukan tes kebugaran jasmani melalu test vo2max bagi setiap program yang dilaksanakan pada PKM, Ormas dan Perhimpunan Olahraga.

Tes dilaksanakan pada hari Sabtu 24 Agustus 2019 di Gor Bulutangkis Gowa. Hasil tes ini akan melengkapi lahirnya sebuah kajian riset dan  rekomendasi terkait sejauh mana dampak yang dihasilkan program KESORGA yang tersebar di seluruh kecamatan se Kabupaten Gowa.

Sebelum kegiatan ini berjalan, pihak Balitbangda telah melakukan beberapa kali pertemuan dengan pihak terkait yaitu dengan beberapa SKPD antara lain Kepala Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dispora dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Selain itu Balitbangda juga menghadirkan tim pakar antara lain Prof. Dr. H. Andi Ihsan. M. Kes. AIFO, DR. Hasyim. M. Pd, drg. Armawati, dr. Alamsyah A. Bachtiar. Mereka menggelar rapat di kantor Balitbangda Kabupaten Gowa yang dihadiri Ketua Panitia Pelaksana Tes, Sri Damayanti Astuti. S. STP. (amr)

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *