Suporter PSM : Jangan Kendor Kawan, Kita Masih Punya Mimpi untuk PSM

by
SEKJEN RED GANK, SADAKATI SUKMA (Foto : IST)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Apa Anda tidak merasa ada yang aneh di Stadion Mattoanging pada laga lanjutan Liga 1 2019 antara PSM Makassar kontra Barito Putra sore kemarin?

Euforia juara Piala Indonesia 2019 yang menghipnotis orang-orang di hampir semua sudut Kota Makassar, warkop, hingga perkantoran, tak tersisa sama sekali.

Mata saya berputar mengintai sudut setiap tribun di Mattoanging. Ke mana 16.000 pasang mata dan sekitar 20 ribu-an pencinta PSM yang harus rela berada di luar stadion hanya untuk menunggu trofi Piala Indonesia diangkat oleh para penggawa PSM pekan lalu.

Lalu, Kemana mereka yang membuat macet Kota Makassar ketika piala itu diarak?

Pertanyaan itu juga akhirnya muncul dari mereka yang kemarin kembali hadir di tribun Stadion Mattoanging. Dengan nada tegas saya menjawab “Ayo kawan, kita dukung PSM ta dengan cara ta masing-masing!”

Ketika peluit pertanda awal babak pertama mulai dibunyikan, kami pun beraksi. Meski 2/3 tribune Mattoanging di utara masih kosong. Dalam 1×45 menit, PSM bermain tidak seperti biasanya, tetapi kami terus bernyanyi dan berharap gawang lawan dapat kebobolan.

Akan tetapi sampai akhir babak pertama tak ada gol yang tercipta. Permainan babak kedua juga demikian, PSM Makassar terkesan monoton.

Tidak jauh beda ketika harus menelan kekalahan di kandang Borneo FC, beberapa hari yang lalu. Tim bahkan kewalahan keluar dari tekanan meski akhirnya PSM memenangkan pertandingan dengan skor akhir 2-1.

Sepertinya ada sesuatu yang menjadi beban dari para pemain. Apakah lelah atau sudah puas dengan gelar juara Piala Indonesia ataukah karena rumor kepindahan beberapa pemain yang akhir-akhir berembus di Media. Atau mungkin kurangnya support dari pemain ke-12.

Apapun itu, PSM harus segera berbenah. Harus segera bangkit dari situasi sekarang. Kalau tidak, kesempatan dalam perburuan gelar Juara Liga 1 2019 akan lepas. Padahal, itu mimpi kita. Bahkan lebih penting.

Saya ingin katakan juga bahwa 5.200 penonton yang hadir di Stadion Mattoanging sore kemarin itu sama keinginannya dengan semua pencinta PSM Makassar di manapun berada, yang tidak sempat hadir di stadion.

Mereka bukan penonton final atau penonton big match. Mereka juga bagian dari sejarah PSM, mereka juga loyal dan total hanya saja cara mereka berbeda.

Ewako Ewaki Kuewai
KITA PSM

SEKJEN RED GANK, SADAKATI SUKMA
(PEMAIN KE-12 PSM MAKASSAR)

loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *