Fakta Menarik Seputar Duel Liverpool dan Chelsea di Piala Super Eropa

by -475 views
Selebrasi Mohamed Salah usai menjebol gawang Chelsea/EPA

FAJAR.CO.ID, ISTANBUL—Chelsea dan Liverpool akan saling libas di Piala Super Eropa, Kamis, 15 Agustus, dinihari nanti. Sejak awal 2000-an, ini akan menjadi pertemuan ke-60 kedua klub Inggris itu.

Ada sejumlah fakta menarik seputar kedua klub yang bisa jadi bacaan Anda sebelum menyaksikan duel besar ini. Seperti dikutip dari situs resmi Chelsea, klub London itu tak terkalah di Eropa musim lalu saat menjadi kampiun Liga Europa. Sementara Liverpool, mereka telah memenangkan lima dari enam pertandingan Eropa terakhir mereka.

Juga ada fakta terkait venue pertandingan di Turki, khususnya Kota Istanbul. Selengkapnya, berikut fakta-fakta menarik seputar kedua kubu:

CHELSEA

Chelsea tak terkalahkan di kompetisi Eropa musim lalu (12 kemenangan, tiga seri), yang juga merupakan rekor Liga Eropa.

Chelsea memiliki rekor 15 pertandingan tak terkalahkan di Eropa. Kekalahan terakhir mereka adalah pada Maret 2018, di Barcelona pada babak 16 Liga Champions (0-3).

Chelsea mencetak tiga gol atau lebih dalam lima dari delapan pertandingan terakhir mereka di Eropa.

Frank Lampard adalah kapten Chelsea dalam dua kekalahan di Piala Super Eropa pada 2012 dan 2013 kami.
Chelsea telah memenangkan tujuh dari 18 pertemuan mereka melawan klub Inggris di kompetisi Eropa, seri tujuh kali dan kalah empat kali.

Chelsea telah memainkan tiga pertandingan kompetitif di Istanbul (satu kemenangan, satu seri dan satu kekalahan).

Chelsea terlibat dalam lima adu penalti di kompetisi Eropa, menang di Munich pada 2012 dan melawan Eintracht Frankfurt di semifinal musim lalu, dan kalah di tiga adu penalti lainnya.

Frank Lampard mencetak tujuh gol untuk The Blues melawan Liverpool dalam 39 pertandingan (18 kemenangan, 8 seri dan 13 kekalahan).

LIVERPOOL
Liverpool telah memenangkan 15 dari 16 pertandingan terakhir mereka di liga dan piala.

Liverpool telah memenangkan lima dari enam pertandingan Eropa terakhir mereka.

Liverpool tidak terkalahkan melawan klub-klub Inggris di Eropa dalam enam pertandingan sejak kekalahan 1-3 dari Chelsea di kandang sendiri di perempat final Liga Champions pada bulan April 2009.

Liverpool memenangkan delapan dari 21 pertandingan mereka melawan rival domestik dalam kompetisi UEFA, seri delapan dan kalah lima.

Istanbul penting dalam sejarah The Reds; mereka bangkit dari ketinggalan 3-0 untuk memenangkan final Liga Champions 2005 melawan AC Milan melalui adu penalti di Stadion Olimpiade Ataturk.

Liverpool menang tiga kali, termasuk melawan Chelsea pada 2007, dari empat adu penalti di kompetisi Eropa. Satu-satunya kekalahan mereka alami dari Besiktas pada 2015. (amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *