Tertinggal Duluan, Indonesia Berhasil Bumkam Timor Leste – FAJAR sport
Hasil

Tertinggal Duluan, Indonesia Berhasil Bumkam Timor Leste

FAJAR SPORT, BANGKOK – Timnas Indonesia U-16 sukses meraih kemenangan kedua mereka di kualifikasi Piala Asia U-16 saat menjamu Timor Leste di Stadion Raja Mangala, Bangkok, Senin (18/9/2017) sore WIB.

Pasukan Fakhri Husaini menang 3-1 atas tim lawan. Indonesia terlebih dulu tertinggal di babak pertama menit ke-18 lewat aksi Paulo Dominggus Freitas. Meski begitu, gol Timor Leste berhasil dibalas oleh bintang Indonesia Sutan Zico dengan tiga golnya dan mengantar tim berjuluk Garuda Asia itu menang 3-1.

Kemenangan ini membuat Indonesia masih tetap kokoh di puncak klasemen sementara grup G dengan 6 ;poin dan selisih gol 21-1. Meski tampil menguasai jalannya laga, Indonesia kesulitan membongkar pertahanan Timor Leste di awal laga. Bahkan Amiruddin Bagus sempat dua kali membobol gawang lawan namun selalu dianulir.

Pada menit ke-8 Indonesia sebenarnya sempat membobol gawang Timor Leste, namun Amiruddin Bagus dianggap sudah berada pada posisi offside.

Hingga 15 menit pertama, Garuda Asia (julukan Timnas U-16) menguasai jalannya pertandingan. Mereka banyak mengeksploitasi sisi kanan pertahanan Timor Leste.

Pada paruh pertama ini, Indonesia sering mendapat peluang lewat tendangan bebas, namun belum bisa dimaksimalkan anak asuh Fakhri Husaini. Seperti pada menit 17, tendangan bebas David Maulana masih muda diamankan kiper Timor Leste.

Timor Leste yang lebih banyak bermain bertahan pada laga ini, justeru bisa unggul lebih dulu pada menit 18 melalui aksi Paulo Dominggos Freitas. Indonesia tertinggal 0-1.

Pada menit 23, Indonesia kembali mendapat peluang tendangan bebas. Kali ini Amiruddin Bagus yang mengeksekusi, namun masih melenceng dari sasaran. Setengah jam laga berjalan, Fakhri sudah melakukan pergantian pemain. Brylian Aldama keluar digantikan Hamsa Lestaluhu.

Di penghujung babak pertama Indonesia kembali bisa membobol gawang Timor Leste, namun lagi-lagi dianulir wasit karena Bagus dianggap sudah berada pada posisi offside. Skor 1-0 untuk Timor Leste bertahan hingga jeda.

Fakhri Husaini melakukan perubahan di awal babak kedua. Bagus ditarik digantikan Sutan Zico. Masuknya Zico membuat lini serang Indonesia lebih bervariasi. Zico bahkan langsung mengancam lewat tendangannya yang masih bisa diamankan kiper Timor Leste.

Titik balik Timnas U-16 Indonesia pada laga ini sepertinya diawali ketika Paulo Domingus mendapat kartu merah pada menit 51. Unggul jumlah pemain membuat Indonesia semakin dominan.

Mereka mengurung pertahan Timor Leste. Dan akhirnya Zico mencetak gol penyama pada menit 60. Menerima bola di kotak penalti, Zico membalikkan badan lalu melepaskan sepakan mendatar yang membuat kiper Timor Leste tak berkutik. 1-1 skor sementara.

Hanya tiga menit berselang, Zico membawa Indonesia berbalik unggul. Kali ini melalui proses yang cukup cantik. Umpan satu dua diakhiri sepakan keras Zico. 2-1 Indonesia berbalik memimpin.

Zico melengkapi kemenangan Indonesia pada laga ini berkat hattricknya satu menit sebelum waktu normal berakhir. 3-1 menjadi skor akhir laga. Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Thailand pada Rabu (20/9/2017) mendatang. (Fajar/pojok)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top