SAH!! Mantan Pelatih Athletic Bilbao Resmi Ganti Posisi Enrique di Barcelona – FAJAR sport
News Update

SAH!! Mantan Pelatih Athletic Bilbao Resmi Ganti Posisi Enrique di Barcelona

FAJAR SPORT, SPANYOL – Mantan pelatih Athletic Bilbao, Ernesto Valverde resmi ditunjuk sebagai suksesor Luiz Enriquee di Barcelona untuk musim depan.

Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu sudah mengumumkan Valverde sebagai pelatih Barcelona, Senin (29/5/2017) waktu setempat. Kehadiran Valverde di skuad Barcelona bukanlah hal yang mengejutkan, karena sang pelatih sering dikaitkan dengan klub Catalun itu.

Dikutip dari Marca, Ernesto Valverde sendiri akan diperkenalkan sebagai pelatih baru Barcelona pada Kamis mendatang. Pelatih yang sudah masuk usia 53 itu tidak asing lagi buat Blaugrana. Pasalnya, sejak masih aktif sebagai pemain, Valverde menjadi andalan Barcelona di tahun 1988 dan 1990 di bawah asuhan Johan Cruyff.

“Dia sangat senang sangat gembira, dia memiliki kemampuan, pengalaman dan pengetahuan untuk pekerjaan ini,” ujar Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu mengatakan dalam konferensi pers.

“Dia mencintai pemain muda dan dia memiliki gaya yang tepat untuk melatih klub ini dan tahu bagaimana klub bekerja. Dia memiliki tingkat pekerjaan yang tinggi, dia sangat menyukai sepak bola dan tertarik untuk bekerja dengan teknologi terbaru.”

Valverde memulai karir kepelatihannya bersama tim muda Athletic Bilbao. Bersama tim senior Bilbao, Valverde sudah memimpin 308 pertandingan selama enam tahun dalam dua kesempatan berbeda.

Ia lima kali membawa Atheltic Bilbao berlaga di Liga Europa dalam enam musim terakhir. Valverde juga mengakhiri penantian 31 tahun Bilbao untuk mempersembahkan sebuah gelar, Piala Super Spanyol pada tahun 2015 dengan mengalahkan Barcelona aggregat 5-1.

Selain di Bilbao, Valverde punya pengalaman melatih klub sekota Barca, Espanyol. Mereka mencapai final Piala UEFA 2007 meski akhirnya kalah adu penalti dari Sevilla. Di Liga Yunani, Valverde pernah menangani Olympiakos Piraeus dan mempersembahkan tiga gelar liga Yunani dan dua Piala domestik.

Valverde membawa dua anggota staf pelatihnya di Athletic ke Barcelona. Yaitu Jon Aspiazu dan pelatih kebugaran Jose Antonio Pozanco.

Valverde menggantikan Luis Enrique yang telah tiga musim melatih Barcelona. Enrique sendiri melakoni laga perpisahan dengan mempersembahkan gelar Piala Raja bagi Barcelona dengan mengalahkan Deportivo Alaves, 3-1. Ini merupakan gelar Copa del Rey untuk ketiga kali berturut-turut, atau trofi kesembilan yang dipersembahkan selama melatih Lionel Messi dkk.

Valverde akan melakoni tugas pertamanya yang cukup berat, menghadapi juara La Liga, Real Madrid di leg pertama Piala Super Spanyol di Nou Camp pada bulan Agustus. Sebelum itu Barcelona akan melakukan tur pra musim di Amerika Serikat dengan pertandingan persahabatan melawan Real Madrid, Manchester United dan Juventus. (Fajar/pojok)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top