Libas Dortmund 6-3, Monaco Kembali Cicipi Atmosfer Semifinal Liga Champions – FAJAR sport
Hasil

Libas Dortmund 6-3, Monaco Kembali Cicipi Atmosfer Semifinal Liga Champions

FAJAR SPORT, PRANCIS – AS Monaco berhasil mengalahkan wakil Jerman Borussia Dortmund dengan skor maykinkan 3-1 pada leg kedua delapan besar Liga Champion di Stade Louis II, Kamis (20/4) dini hari WIB.

Kemenangan ini membuat klub wakil Prancis itu melaju ke semifinal dengan kemenangan agregat 6-3 atas Dortmund. Kemenangan ini juga sangaat dinantikan oleh Monaco setelah lama absen di partai puncak Liga Champion sejak musim 1993-1994 silam.

memang, langkah Monaco sangat mudah untuk lolos, karena mereka mampu memetik hasil kemenangan di leg pertama saat bertandang ke markas Dortmund dengan skor tipis 3-2.

Bahkan, tim rumah mampu lebih dahulu menyengat dengan unggul cepat berkat gol Kylian Mbappe memanfaatkan bola muntah hasil tendangan Benjamin Mendy saat pertandingan baru berumur tiga menit. Kondisi itu membuat Dortmund semakin terjepit.

Dortmund berusaha bangkit dan mengejar. Percobaan pertama dibuat gelandang Turki, Nuri Sahin, melalui tendangan bebas pada menit ke-14. Namun, upaya tim tamu masih digagalkan tiang gawang Monaco.

Monaco, alih-alih mulai memperkuat pertahanan, justru semakin agresif menekan. Hasilnya, mereka sukses memperlebar keunggulan pada menit ke-17. Kapten Radamel Falcao mencetak gol kedua tuan rumah setelah memanfaatkan bola hasil umpan silang Thomas Lemar.

Pelatih Dortmund, Thomas Tuchel, langsung tersentak dengan dua gol cepat tuan rumah. Tak berpikir panjang, Tuchel lantas melakukan pergantian dini dengan memasukkan Ousmane Dembele dan menarik keluar Erid Durm pada menit ke-27.

Masuknya Dembele memang cukup membantu Dortmund membangkitka daya gedor. Namun, upaya mencetak gol masih terhalang tangguhnya gawang Monaco ang dikawal Danijel Subasic. Hingga jeda, Dortmund tak mampu memperkecil ketinggalan 0-2 dari tuan rumah.

Kembali dari ruang ganti, Dortmund mendapat secercah asa dengan gol balasan dari Marco Reus pada menit ke-48 usai amenyambar bola umpan matang Dembele. Skor 1-2 membuat Dortmund kembali bersemangat mengejar. Sepanjang babak kedua, mereka terus menekan lini pertahanan tuan rumah.

Namun, alih-alih bisa menyamakan skor Dortmund, malah semakin terpuruk. Pada menit ke-81, gawang Dortmund kembali bobol oleh Monaco. Kali ini melalui gol sentuhan pertama Valere Germain yang baru masuk menggantikan Mbappe.

Gol itu membuat Dortmund tak lagi punya kuasa untuk menjaga motivasi. Pada sisa pertandingan, tak ada gol tambahan yang mampu diciptakan, baik oleh tuan rumah ataupun tim tamu. Monaco memastikan tiket semifinal berkat kemenangan 3-1 dan keunggulan agregat 6-3.

Monaco menjadi tim pertama Prancis yang lolos ke babak semifinal Liga Champions sejak OLympique Lyonnais pada 2009-2010. Monaco kembali mencicipi atmosfer semifinal setelah terakhir kali bahkan sempat lolos sampai ke final pada edisi 1993-1994 silam. (Fajar/jpg)

SUSUNAN PEMAIN:

AS Monaco (4-4-2): 1-Danijel Subasic; 38-Almamy Toure, 25-Kamil Glik, 5-Jemerson, 23-Benjamin Mendy; 10-Bernardo Silva (24-Andrea Raggi 90′), 14-Tiemoue Bakayoko, 8-Joao Moutinho, 27-Thomas Lemar; 9-Radamel Falcao (7-Nabil Dirar 68′), 27-Kylian Mbappe (18-Valere Germain 81′).

Borussia Dortmund (4-2-3-1): 38-Roman Burki, 26-Lukasz Piszczek, 25-Sokratis Papastathopoulos, 28-Matthias Ginter, 37-Eric Durm (7-Ousmane Dembele 27′); 33-Julian Weigl, 8-Nuri Sahin (29-Marcel Schmelzer 46′); 11-Marco Reus, 23-Shinji Kagawa, 13-Raphael Guerreiro (22-Christian Pulisic 72′); 17-Pierre-Emerick Aubameyang.

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top