Menyedihkan.. Ini Bayaran Wasit di Indonesia – FAJAR sport
News Update

Menyedihkan.. Ini Bayaran Wasit di Indonesia

FAJAR SPORT, JAKARTA – Menjadi hakim dalam pertandingan sepak bola tak cuma menguras tenaga, tetapi juga bisa berujung petaka bila para pemain tak memiliki mental profesional. Apalagi untuk sepakbola di Indonesia.

kejadian penganiayaan wasit di sepak bola Indonesia sering terjadi, dan hal itu terjadi di kasta tertinggi sepak bola Indonesia. Atas dasar itu, publik pasti berpikir jika bayaran wasit bakal seimbang dengan resiko yang mereka alami ditengah lapangan.

Tapi sayang, hal itu jauh dari kenyataan. Menurut Anggota Komite Wasit PSSi Yesaya Leihitu, bayaran atau gaji wasit di Indonesia tak pernah berubah dari jaman ke jaman. Dimasa dirinya menjadi pelatih pada tahun 2007 silam, wasit utama dibayar per-pertandingan sebesar Rp 5 juta.

“Sejak saya masih bertugas sebagai wasit Divisi Utama 2007, bayaran wasit 5 juta rupiah tiap pertandingan dan itu sudah beberapa tahun tak alami perubahan,” jelas Yesayas yang dilansir oleh RakyatMaluku.com (Fajar grup).

”Untuk asisten wasit mendapat 2,5 juta rupiah. Dalam satu event pembayaran bervariasi, kalau yang laga uji coba dan sebagainya itu biasanya diatur oleh panitia pelaksana,” tambah Leihitu.

Yesayas juga menjelaskan bahwa kisaran gaji wasit di Liga 2 mencapai 3,5 juta rupiah. Pembayaran wasit bakal ditanggung oleh operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru. Departemen dan Komite Wasit PSSI saat ini sedang melakukan seleksi 100 wasit (45 wasit utama dan 55 asisten wasit) untuk Liga 1. Mereka bakal mendapat tes fisik dan psikotes sebelum turun memimpin pertandingan Liga 1. (Aiy/Fajar)

loading...

Most Popular

To Top