SELAMAT… Brasil Tim Pertama yang Melangkah ke Piala Dunia 2018 – FAJAR sport
News Update

SELAMAT… Brasil Tim Pertama yang Melangkah ke Piala Dunia 2018

FAJAR SPORT, JAKARTA – Brasil berhasil menjadi tim pertama yang lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia, melalui babak kualifikasi. Kini sudah dua negara sudah resmi tampil di Piala Dunia, yakni tuan rumah Rusia, dan yang kedua Brasil.

Dalam laga ke-14 Pra-Piala Dunia zona Conmebol, Rabu (29/3) pagi WIB, Brasil berhasil menang 3-0 atas Paraguay lewat gol dari Coutinho, Neymar, dan Marcelo. Namun lolosnya tim asuhan Tite tersebut ke Rusia tak lepas dari hasil laga lain.

Sebelumnya, secara mengejutkan Argentina yang tak diperkuat Lionel Messi akibat skorsing, kalah 0-2 di kandang Bolivia. La Paz masih menjadi neraka bagi tim-tim yang berkunjung ke sana.

Sekitar 2 jam setelah laga Brasil kontra Paraguay, Uruguay kalah 1-2 di kandang Peru. Hasil tersebut membuat Tim Samba dipastikan menjadi tim pertama dari babak kualifikasi yang melenggang ke Piala Dunia 2018.

Brasil pun meneruskan tradisi gemilang selalu lolos ke putaran final Piala Dunia sejak dihelat pertama kali pada 1930 silam. Hebatnya, mereka juga selalu lolos langsung tanpa harus melewati babak play-off. Demikian pula pada Pra-Piala Dunia 2018 ini.

Kendati masih menyisakan 4 laga, Brasil tak akan terlempar dari posisi 4-besar klasemen akhir Pra-Piala Dunia 2018 zona Conmebol meski selalu kalah dalam 4 laga sisa. Seperti diketahui, posisi 1 sampai 4 lolos langsung ke Rusia. Sementara peringkat 5 mesti menjalani play-off.

Berdasar poin yang dikumpulkan, andai kalah dalam 4 laga sisa, poin Brasil saat ini (33) bisa dilewati Argentina andai menang terus. Argentina di posisi ke-5 kini mengumpulkan 22 angka dan andai menang terus dalam 4 laga sisa makan mengumpulkan total 34 angka.

Namun, hal itu tak akan berpengaruh terhadap kelolosan Brasil. Maklum saja, Argentina dalam 4 laga sisa, salah satunya bersua Uruguay. Artinya, Uruguay yang kini mengoleksi 23 poin hanya menambah 9 angka dari skenario tersebut. Uruguay total hanya memiliki 32 poin dari 4 laga sisa, sedangkan Brasil 33 angka meski kalah dalam 4 laga sisa.

Demikian pula sebaliknya. Andai Uruguay yang menang saat bersua Argentina, posisi Brasil di 4-besar tetap aman. Pasalnya, jumlah poin maksimal Argentina hanya 22 ditambah 9 yang berarti 31 angka.

Andai skenario berikutnya laga Argentina vs Uruguay berakhir seri, juga tak akan memengaruhi posisi Brasil di 4-besar. Poin maksimal Argentina hanya bertambah 10 – dengan skenario kontra Uruguay berakhir seri. Poin total mereka pun hanya 32. Tak mampu melewati poin Brasil (33) meski selalu kalah dalam 4 laga sisa.

Berdasar itu, Brasil pun dipastikan lolos ke Piala Dunia 2018. Mereka jadi tim pertama lewat babak kualifikasi yang telah memastikan diri melenggang ke Rusia.

loading...

Most Popular

To Top