Laga Indonesia Kontra Myanmar, Wasit 29 Tahun Ini yang Memimpin Pertandingan – FAJAR sport
News Update

Laga Indonesia Kontra Myanmar, Wasit 29 Tahun Ini yang Memimpin Pertandingan

FAJAR SPORT, JAKARTA – FIFA (Federasi Sepak Bola Internasional) telah memutuskan untuk menunjuk Clifford Daypuyat, sebagai wasit di pertandingan uji coba Indonesia kontra Myanmar sebentar nanti, Selasa (21/3).

Laga yang bakal berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor itu merupakan pertandingan resmi, dan diwajibkan dapat rekomendasi wasit dari FIFA juga.

Memang, merunut dari regulasi pertandingan internasional A FIFA, setiap negara yang sedang mekakukan pertandingan tidak boleh memakai wasit dari negara sendiri untuk memimpin laga tersebut. Wasit dari negara tuan rumah hanya diperbolehkan menjadi ofisial keempat alias wasit cadangan.

Salah satu wasit senior tanah air, Suharto menuturkan bahwa, penugasan Daypuyat dalam laga ujicoba tersebut seharusnya menjadi motivasi tersendiri bagi wasit-wasit muda tanah air agar bisa mendapat kepercayaan memimpin pertandingan internasional. Sebab, setelah era wasit Jimmy Napitupulu, Indonesia sangat kesulitan melahirkan wasit di level FIFA Elit.

”Jadi, satu hal paling penting, federasi harus memberikan banyak kesempatan kepada wasit-wasit muda untuk memimpin pertandingan di kompetisi kasta tertinggi musim baru nanti. Karena, sarat utama menjadi wasit FIFA Elit, adalah jam terbang di kompetisi kasta tertinggi negara masing-masing,” pungkasnya.

Wasit asal DKI Jakarta ini juga mengapresiasi Wasit 29 tahun itu, yang sudah bisa mendapat kesempatan di level internasional itu. Meski begitu, Suharto mengungkapkan, usia Daypuyat sudah tidak muda lagi. Apalagi, selama ini dia belum memiliki rekam jejak memimpin pertandingan internasiona sekalipun. (Aiy/Fajar)

loading...

Most Popular

To Top