Gol Tunggal N’Golo Kante Depak MU dari Piala FA – FAJAR sport
Hasil

Gol Tunggal N’Golo Kante Depak MU dari Piala FA

FAJAR SPORT, INGGRIS – Chelsea berhasil sungkurkan pesaing beratnya Manchester United (MU) di Piala FA 2016/2017. Gol tunggal N’Golo Kante di menit ke-51 membuat The Blues melangkah ke babak semifinal.

Kekalahan MU dari Chelsea di musim ini untuk kedua kalinya. Sebelumnya, di pentas Premier League, mereka kalah 0-4 di Stamford Bridge. Undian mengharuskan Man United kembali mengunjungi Stamford Bridge. Jose Mourinho dan pasukannya dibayangi kekalahan telak 0-4 pada pekan ke-9 Premier League musim ini.

Pengaruhnya pun cukup terlihat. Permainan Man United kurang berani dan terkesan berhati-hati. Sebaliknya, Chelsea yang punya memori menang 4-0 saat menjamu lawan yang sama tampil penuh percaya diri.

Hanya saja, upaya mereka untuk mencetak gol tertahan disiplinnya barisan pertahanan Man United yang cukup disiplin pada awal laga. Meski terus mendapat tekanan, Paul Pogba cs masih mampu membendung serangan Eden Hazard cs.

Penampilan Man United memang kurang menggigit, terutama di lini depan. Absennya Zlatan Ibrahimovic dan Wayne Rooney berpengaruh terhadap minimnya kreativitas dalam membangun serangan.

Ibrahimovic absen setelah mendapat larangan bermain 3 laga, buntut sikutannya ke bek Bournmeouth, Tyron Mings. Sementara itu, Rooney dikabarkan mengalami cedera saat mengikuti latihan.

Tekanan yang terus menerus dilakukan Chelsea membuat gelandang Ander Herrera kehilangan kontrol emosi. Dia mendapat kartu kuning pada menit 20 usai melakukan pelanggaran keras. Selang 15 menit kemudian, atau menit 35, dia kembali menerima kartu kuning yang berarti kartu merah lantaran kakinya mengait kaki Hazard.

Wasit Michael Oliver menganggapnya layak diberikan kartu kuning karena Herrera dinilai sengaja menghentikan pergerakan Hazard yang tengah membawa bola. Man United harus bermain dengan 10 pemain sejak menit 36.

Sebagai antisipasi untuk memperkuat lini tengah setelah Herrera mendapat kartu merah, Mourinho lantas memasukkan Marouane Fellaini. Gelandang serangan Henrikh Mkhitaryan dikorbankan dengan ditarik keluar.

Bermain dengan 10 pemain, Man United masih bisa membendung serangan Chelsea hingga jeda babak pertama. Skor 0-0 menghiasi babak pertama.

Memasuki babak kedua, Chelsea terus melakukan serangan gencar. Gol yang ditunggu pun hadir pada menit 51. Lewat sebuah serangan, Willian memberikan bola kepada Kante. Dia mengontrol bola sejenak kemudian melepaskan tembakan dari luar kotak penalti.

Bola tendangannya tidak terlalu kencang, namun mengarah ke pojok kanan bawah gawang David De Gea. Kiper asal Spanyol itu berusaha menjangkau bola dengan tangannya. Namun, gagal dan bola pun meluncur masuk ke gawang. Chelsea memimpin 1-0.

Bagi Kante, ini merupakan gol keduanya semenjak berkostum Chelsea. Uniknya, semuanya dia bukukan ke gawang Man United. Saat Chelsea menang 4-0 atas Man United pada pekan ke-9 Premier League musim ini, Kante juga turut mencetak gol. Bisa dikatakan dia berjodoh dengan gawang Man United.

Usai gol tersebut, Chelsea terus menekan pertahanan Red Devils – julukan Man United. Namun, mental Chris Smalling cs tak ambruk dan tetap bermain disiplin. Hal itu membuat The Blues – julukan Chelsea, kesulitan untuk mendapatkan tambahan gol.

Di satu sisi, upaya Man United untuk menyamakan skor juga tak berhasil. Absennya Ibrahimovic dan Rooney membuat mereka tak memiliki sosok yang bisa menentukan dalam laga besar. Terlebih, Mourinho juga tetap menyimpan Juan Mata di bangku cadangan.

Hingga laga berakhir, skor 1-0 untuk keunggulan Chelsea tak berubah. Tim asuhan Antonio Conte itu pun melaju ke semifinal Piala FA dengan hasil tersebut. Sementara itu, bagi Man United, hasil ini membuat mereka tak pernah menang atas Chelsea dalam 12 pertemuan terakhir.

Ada hal menarik terkait semi final Piala FA musim ini. Pertama kalinya sejak 2002, ada tiga klub asal London yang tampil di semifinal. Selain Chelsea, tim asal London yang juga lolos ke semifinal adalah Arsenal dan Tottenham Hotspur. (Fajar/jpg)

SUSUNAN PEMAIN

Chelsea: 13-Thibaut Courtois, 24-Gary Cahill, 28-Azpilicueta, 30-David Luiz, 3-Marcos Alonso, 7-N’Golo Kanté, 15-Victor Moses (5-Kurt Zouma 89), 21-Nemanja Matić, 10-Eden Hazard, 19-Diego Costa (23-Batshuayi 90), 22-Willian (4-Fabregas 81)

Manajer: Antonio Conte

Manchester United: 1-De Gea, 4-Phil Jones, 5-Marcos Rojo, 12-Chris Smalling, 25-Antonio Valencia, 36-Matteo Darmian, 6-Paul Pogba, 18-Ashley Young (14-Jesse Lingard 81), 21-Ander Herrera, 22-Henrikh Mkhitaryan (27-Fellaini 37′), 19-Marcus Rashford

loading...

Most Popular

To Top