Daftar Top Skor Sepanjang Piala AFF, Pemain Indonesia Ini Berada Diurutan Kedua – FAJAR sport
News Update

Daftar Top Skor Sepanjang Piala AFF, Pemain Indonesia Ini Berada Diurutan Kedua

FAJAR SPORT, JAKARTA – Sudah 11 kali Piala AFF digelar, baik saat masih dengan nama Piala Tiger hingga AFF saat ini. Sepanjang berjalan turnamen terbesar di Asia Tenggara ini, ada 11 nama pemain hebat juga yang keluar sebagai pencetak gol terbanyak.

Pemain Thailand masih banyak yang menjadi top skor sepanjang Piala AFF dengan lima kali, sementara Indonesia menjadi yang kedua dengan empat kali. Malaysia dan Singapura berada di posisi ketiga dengan dua kali, dan Mayanmar hanya satu kali di tahun 1998.

Pemain Thailand yang keluar sebagai top skor pada Piala AFF tahun 1996, 2000, 2008, 2012 dan 2016, sementara Indonesia pada tahun 2000, 2002, 2004 dan 2008.

Meski Thailand yang mendominasi top skor sepanjang Piala AFF, namun jumlah gol yang dicetak oleh pemain mereka masih di bawah Indonesia dan Singapura. Gol terbanyak Thailand dalam satu musim hanya di tujuh gol, sementara Indonesia berhasil mencetak delapan gol pada satu musim.

Gol terbanyak dalam satu musim dipegang oleh pemain Singapura, Noh Alam Shah dengan 10 golnya, dan urutan kedua dipegang oleh Bambang Pamungkas dengan delapan golnya. Koleksi gol BP, sebutan Bambang Pamungkas terbesar kedua.

Sementara Ilhan Jaya Kusuma berada di urutan tiga dengan pemain Thailand Netipong Srithong-in di musim pertama penyelenggara Piala AFF, yang saat itu masih dinamai Piala Taiger di tahun 1996.

Bambang Pamungkas keluar sebagai top skor pada Piala AFF 2002, yang saat itu juga Indonesia melakoni laga final dengan Thailand. Indonesia hingga saat ini masih menjadi juara runner-up terbaik dan terbanyak sepanjang Piala AFF digelar.

Sementara pemain terbaik di Piala AFF, Indonesia hanya baru sekali mendapatkannya di tahun 2010 oleh Firman Utina. (Aiy/Fajar)

loading...

Most Popular

To Top