Saksikan Tujuh Aksi Menegangkan di Laga Vietnam vs Indonesia – FAJAR sport
Sportainment

Saksikan Tujuh Aksi Menegangkan di Laga Vietnam vs Indonesia

FAJAR SPORT, JAKARTA – Indonesia telah mencatatkan lima kali tampil di babak final Piala AFF 2016, namun tak pernah menjadi juara di turnamen terbesar di Asia Tenggara ini.

Tercatat di tahun 2000, 2002, 2004, 2010, dan kini 2016. Meski di tahun 2012 dan 2014 sempat gagal di babak pengisihan, namun Alfried Riedl berhasil membawa skuad Garuda Muda menembus laga final.

Selain itu, sebagai bukti bahwa sepak bola Indonesia tetap kuat meski timnas sempat vakum lantaran terkena sanksi FIFA. Perlu dicatat, persiapan Indonesia tampil di Piala AFF 2016 terbilang mepet. Indonesia hanya melakoni 4 laga uji coba yakni melawan Malaysia, Vietnam (2 kali), dan Myanmar.

Laga semifinal leg kedua melawan Vietnam terbilang menguras tenaga. Pasalnya harus diakhiri hingga perpanjangan waktu alias 120 menit. Bermodal keunggulan 2-1 pada leg pertama, Indonesia percaya diri.

Sebenarnya Merah Putih sepanjang laga mendapat tekanan. Meski Vietnam bermain dengan 10 pemain lantaran kiper dikartu merah, tekanan tak pernah kendur. Indonesia dipaksa hanya keluar menyerang lewat serangan balik.

Sempat unggul 1-0 pada menit ke-54, dan diuntungkan setelah Vietnam kehilangan satu pemain karena kartu merah pada menit ke-77, suporter Indonesia dibikin deg-degan. Bagaimana tidak, hanya dalam tempo 7 menit, Vietnam mampu berbalik unggul 2-1 lewat gol Vu Van Thanh dan Vu Minh Tuan.

Perpanjangan waktu pun dilakukan. Indonesia kembali mencetak gol dan menjadikan skor menjadi 2-2 lewat penalti Manahati Lestusen pada menit ke-97. Skor 2-2 bertahan hingga babak kedua perpanjangan waktu berakhir dan Indonesia dipastikan ke final dengan keunggulan agregar 4-3.

Berikut ini 7 kejadian menegangkan yang terjadi dalam laga semifinal leg kedua antara Vietnam vs Indonesia di My Dinh National Stadium. (Fajar/jpg)

1. Lilipaly Cetak Gol Kedua di Piala AFF 2016

Indonesia unggul pada menit ke-54 lewat sontekan Lilipaly. Itu merupakan gol kedua gelandang keturunan Belanda di Piala AFF 2016.

Gol berawal dari aksi Boaz Solossa yang mengirimkan umpan crossing ke area penalti Vietnam. Bek dan kiper Vietnam terlihat kurang komunikasi sehingga gagal menyapu bola. Lilipaly lantas memanfaatkan bola liar untuk membobol gawang Vietnam.

2. Kiper Vietnam Diusir Wasit

Pada menit ke-77, kiper Vietnam, Tran Nguyen Manh, mendapat kartu merah langsung dari wasit Fu Ming. Dalam sebuah kejadian, dia tampak menendang punggung Bayu Pradana lantaran kesal dihalang-halangi saat Indonesia mendapat sepak pojok. Nguyen Manh sempat melakukan protes ke wasit secara keras karena seharusnya Bayu mendapat kartu kuning. Tapi, justru Nguyen Manh yang menerima kartu merah karena protes dilakukan dengan kata-kata kasar.

Vietnam yang sudah melakukan tiga pergantian, tak bisa memainkan kiper pengganti. Akhirnya bek Que Ngoc Hai yang dipilih menjadi kiper.

3. Vietnam Samakan Kedudukan 1-1

Bermain dengan 10 pemain, Vietnam justru berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-83 lewat Vu Van Thanh. Dia mendapatkan umpan tendangan bebas dari Pham Thanh Luong.
4. Vietnam Unggul 2-1 dan Samakan Agregat 3-3

Vietnam berbalik unggul 2-1 setelah Vu Minh Tuan mencetak gol pada menit ke-90 lewat assist Nguyen Trong Hoang. Ini jelas mengejutkan lantaran Vietnam tampil dengan 10 pemain. Agregat menjadi 3-3 dan harus memainkan perpanjangan waktu.
5. Trio Boaz-Lilipaly-Andik Sudah Ditarik KeluarBisa jadi suporter Indonesia cemas saat laga harus dilanjutkan perpanjangan waktu saat Vietnam mampu berbalik unggul 2-1. Maklum saja, trio andalan Boaz Solossa, Stefano Lilipaly, dan Andik vermansah sudah ditarik keluar dan digantikan pemain lain yakni Ferdinand Sinaga, Zulham Zamrun, dan Dedi Kusnandar.
6. Penalti Manahati Samakan Kedudukan dan Indonesia Unggul Agregat 4-3

Indonesia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 setelah Manahati sukses mencetak gol lewat tendangan penalti pada menit 97. Penalti diberikan setelah kiper pengganti Ngoc Hai melanggar Ferdinand Sinaga.
7. Penalti untuk Indonesia Dibatalkan

Indonesia sebenarnya kembali mendapat penalti. Wasit Fu Ming menunjuk titik putih setelah Ngoc Hai menghalangi laju Rizky Pora dan menariknya hingga terjatuh. Namun, Fu Ming lantas berkonsultasi dengan hakim garis. Kemudian dia membatalkan penalti. Ini jelas keputusan yang kontroversial.

loading...

Most Popular

To Top