Inilah Empat Negara Asia Tenggara yang Pernah Ikut Piala Dunia Junior: Indonesia? – FAJAR sport
Sportainment

Inilah Empat Negara Asia Tenggara yang Pernah Ikut Piala Dunia Junior: Indonesia?

FAJAR SPORT, JAKARTA – Sepakbola merupakan cabang olahraga yang paling diminati oleh hampir seluruh manusia di muka bumi, baik itu laki-laki maupun perempuan.

Tak sedikit yang membanggakan negara dan klub kesayangan mereka, bahkan ada warga negara yang mengidolakan negara lain dalam keahlian sepakbola. Sebut saja Prancis (idola penulis-red), ARgentina, Brasil, Jerman, Spanyol, hingga Indonesia sendiri.

Bahkan setiap perhelatan satu kompetisi, mereka mati-matian untuk menjagokan negara atau klub kesayangannya. Sepakbola di Indonesia adalah cabang olahraga yang dinomor wahidkan oleh masyarakat disini. Meski tim nasional Indonesai tak begitu dibanggakan dalam memainkan si kulit bundar, namun mereka tetap dicintai oleh pendukungnya.

Baca Juga: Pemain Timnas Argentina Ini Sebut Messi Bakal Kembali ke Newell’s di Usia 31 Tahun

Bahkan, Indonesia merupakan salah satu negaranya yang memiliki sporter yang sangat vanatik dalam mendukung klub atau negaranya. Meski mereka hanya berlaga di pentas Piala AFF, Asean Game, atau turnamen sejenisnya, namun antusias masyarakatnya luar biasa.

Mengikuti turnamen kelas lokal seperti AFF dan Asian Game Saja luar biasa, apalagi sampai tingkat Piala Asia atau Piala Dunia. Untuk Piala Asia, Indonesia sudah mencatatkan anmanya di turnamen akbar benua Asia ini, bahkan Indonesia pernah menjadi tuan rumah.

Namun untuk Piala Dunia, Indonesia masih menjadikan hal itu sebagai mimpi besar. Pernah mengikutinya, namun itu terjadi di masa Hindia Belanda. terhitung paska merdeka, Indonesia tidak pernah merasakan hal itu, tetapi ada prestasi lain yang diraih oleh Indoensia di Piala Dunia, tetapi Piala Dunia junior.

Indonesia pernah mengikuti turnamen terbesar di jagat raya ini, meski hanya untuk kelas junior. Tercatat, tahun 1979 Indonesia mengikuti turnamen tersebut, meski hadir sebagai negara pengganti saat Irak berhalangan ikut lantaran masalah keamanan di negara mereka.

Indonesia tergabung dalam grup B, yang diisi oleh Yugoslavia, Polandia dan Argentina. Namun sayang, kala itu Garuda Muda harus gagal total. Mereka menderita tiga kekalahan, kebobolan 16 gol tanpa mencetak satu gol pun.

Sementara negara lainnya di Asia Tenggara yang pernah mengikutinya adalah, Malaysia di tahun 1997 yang mana saat itu berkesempatan menjadi tuan rumah. Selain Indonesia dan Malaysia, ada nama Myanmar yang lolos pada tahun 2015 kemarin.

Sementara Vietnam sendiri bakal menjadi perwakilan Asia Tenggara di Piala Dunia 2017 mendatang, setelah mereka mampu mengalahkan Bahrain dalam perempat final Piala AFF U-19. Mereka berhasil menang 1-0 atas Bahrain, dan hasil ini membawa mereka untuk ikut Piala Dunia U-20 tahun 2017.

Ajang Piala Dunia junior sangat krusial bagi karir seorang pemain, yang mana mereka bisa menembus liga Eropa atau klub-klub ternama di belahan dunia. Sebut saja, Lionel Messi, Sergio Aguero, Paul Pogba, Angel di Maria, dan pemain Eropa lainnya. (Aiy/Fajar)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top