Inilah Daftar Pemain yang Pensiun di Atas Usia 40 Sampai 55 Tahun – FAJAR sport
Sportainment

Inilah Daftar Pemain yang Pensiun di Atas Usia 40 Sampai 55 Tahun

FAJAR SPORT, JAKARTA – Menjadi pesepakbola yang berlaga di benua Eropa adalah keinginan semua orang, apalagi menjadi bintang dunia seperti Diego Maradona, Lionel Messi, David Beckham, Cristiano Ronaldo, Pablo Aimar, Luiz Figo dan lainnya.

Pertanyaannya, apakah para pemain-pemain terkenal seperti mereka diatas ini menjadi pemain terbaik sepanjang karir mereka, dan juga seberapa lama mereka bertahan di lapangan hijau.

Kali ini, Fajar Sport sedikit mengulas tentang pemain-pemain top dunia yang mengakhiri karir profesional mereka di atas 40 tahun, bahkan ada yang menggantungkan sepatunya di usia 55 tahun loh.

Berikut beberapa pemain uzur yang eksis hingga di lapangan hijau.

Francesco Totti (40, masih aktif)

490fi_tottigraphic1

Nama Totti sudah menjadi legenda bagi klub AS Roma saat ini, bukan hanya klubnya, namun seluruh masyarakat Roma menjadikan Totti sebagai seorang pemain yang mampu membuktikan kesetiaannya kepada kota dimana dia dilahirkan.

Saat ini Totti sudah masuk 40 tahun, lebih satu bulan. Bulan september kemarin dia merayakan usianya ke-40 tahun. Kini dia masih terlihat aktif di dalam lapangan bersama klub Srigala ibukota Italia. Belum dipastikan kapan Totti akan mengakhiri karirnya.

Rivaldo (42)

622_3d89e62e-3214-32d2-9501-26eb345c06ba

Mantan pemain internasional Brasil ini mengakhiri karirnya dari lapangan hijau bersama klub Mogi Marim diusianya ke-42 tahun. angka ini sangat langkah bagi seorang pesepakbola yang rentang dengan cedera. Rivaldo sempat membela Barcelona dan beberapa klub terbaik Eropa.
Rivaldo juga kini tercatat sebagai legenda Brasil, setelah dia bersama rekan lainnya menyumbangkan trofi Piala Dunia bagi negaranya di Korea/Jepang di tahun 2002 lalu.

Ryan Giggs (42)

ryan-giggs-51

Selain Rivaldo di usia 42 tahun, ada juga legenda dari Manchester United Ryan Giggs. Pemain internasional Wales ini mengakhiri karirnya di dunia sepakbola diusia 42 tahun. Giggs hampir mirip dengan Francesco Totti di Roma, diaman Giggs juga menunjukan kesetiaannya bersam Setan Merah hingga dia pensiun.

Saat ini Giggs menjadi assisten pelatih di Manchester United, dia juga sempat menjabat sebagai pelatih sementara untuk The Reds, saat pelatih David Moyes dipecat oleh klub.

Andy Legg (42)

andy-legg

Legenda internasional Wales ini tercatat sebagai pemain yang aktif, meski sudah berusia 42 tahun. Legg mengakhiri karirnya bersama Llanelli di usia uzur. Legg juga sempat menjadi pelatih Llanelli di musim 2011 (selesai belumk diketahui).

Legg juga pernah membela beberapa klub di Liga Inggris, seperti Swansea City dan juga bermain untuk Notts County, Birmingham City dan Cardiff City.

Teddy Sheringham (42)

TEDDY SHERINGHAM TOTTENHAM v SOUTHAMPTON COPYRIGHT PHOTOGRAPH : MARK PAIN 07774 842005.    31/8/2002
Sheringham adalah salah satu pesepakbola profesional yang pernah menjadi bagian dari tim internasional Inggris. Dia juga pernah merumput bersama Tottenham Houtspur, Manchester United, West Ham United dan beberapa klub Inggris.

Sheringham mengakhiri karirnya di lapangan hijau diusia 42 tahun. Saat itu Sheringham bermain untuk Colchester United hingga 2008. Dia juga sempat memberikan kritikan pedas kepada Jose Mourinho atas kekalahan Manchester United beberapa kali.

Marco Ballota (44)

8 Sep 2000:  Marco Ballotta of Inter Milan calms things down during the Italian Super Cup match against Lazio played at the Stadio Olimpico, in Rome, Italy. Lazio won the match 4-3.  Mandatory Credit: Claudio Villa /Allsport
Ballota tercatat sebagai salah satu penjaga gawang tertua di Seri A Italia, setelah dia pensiun di usianya ke-44 tahun di klub raksasa Italia.

Ballota mengakhiri karirnya di lapangan hijau pada tahun 2008 lalu ketika membela Lazio. Sebelum pindah ke Lazio, Ballota juga sempat membela Inter Milan satu musim. Ballota mendapat karir terbaiknya diakhir penampilannya jelang pensiun.

Dia menjadi kiper utama di Lazio menggaalahkan lainnya yang masih berusia dini. Ballota juga sempat membela Castelvetro sebelum benar-benar keluar dari lapangan hijau, namun klub itu sebagai penghibur kesehariannya.

Kazuyoshi Miura (47)

Yokohama FC v Jubilo Iwata - J.League 2 2015

Kazuyoshi Maura adalah salah satu pemain Jepang yang pertama bermain di Seri A Italia. Maura bergabung dengan Genoa di tahun 1994 saat dipinjam dari Yomiuri/Verdy Kawasaki.

Pemain 47 tahun ini tetap aktif bersama klubnya Yokohama Fc. Meski diusia yang tidak lagi muda bagi seorang pesepakbola, namun dia berhasil mencetak gol bagi klubnya dibeberapa pertandingan sebelum pensiun. Maura juga pernah membela klub Santos di Brasil.

Dave Beasant 55

49567

Dave Beasant mungkin kini menjadi pemain sepakbola tertua di dunia, bagaiman tidak pemain Inggris ini menutup karirnya di lapangan hijau diusia ke-55 tahun bersama klub Stevenage.

Dave Beasant memutuskan untuk pensiun di tahun 2015 kemarin, tetapi kabarnya, kini dia sedang dipanggil untuk membela klub Jerman Reading FC. Dave tercatat membela beberapa klub besar di Eropa, seperti Chelsea, Fulham, Newcastle United, Southampton FC, Brighton & Hove Albion dan lainnya.

Jadi Dave kini menjabat sebagai pemin tertua didunia yang masih aktif bermain di usia 55 tahun. Dari profil karirnya, Dave saat ini membela Reading FC di Jerman, itu berarti pemain berkebangsaan Inggris ini adalah pemain tertua di dunia. (Aiy/Fajar)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top