Tertinggal Dua Gol Cepat, Indonesia Hanya Mampu Imbangi Vietnam – FAJAR sport
Hasil

Tertinggal Dua Gol Cepat, Indonesia Hanya Mampu Imbangi Vietnam

FAJAR SPORT, SLEMAN – Indonesia harus puas bermain imbang menghadapi Vietnam, di laga uji coba jelang Piala AFF 2016, Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (9/10).

Pasukan Alfred Riedl terlebih dahulu tertinggal dua gol cepat Vietnam di menit ke-3 dan menit ke-12. Sayangnya, Zulhan Malik Zamrun dan Irfan Bachdim mampu menyamakan kedudukan untuk menyelamatkan wajah tuan rumah. Garuda tampil dengan skuad terbaiknya, namun mereka tak banyak berbuat di babak pertama atas gol cepat lawan.

Baca Juga: Inilah Line-up Indonesia Kontra Vietnam

Gol pertama Vietnam di menit ke-3 dicetak oleh Le Van Thang dari luar kotak penalti. Tendangan kaki kanannya tak terlalu keras, tapi terarah manis ke sudut gawang Andritany Ardhyasa.

Usai gol itu, Garuda coba keluar. Dua menit kemudian, Boaz Solossa nyaris menyamakan kedudukan. Namun, tendangannya masih bisa diselamatkan oleh kiper Vietnam, Tran Nguyen.

Alih-alih menyamakan kedudukan, Indonesia justru kembali kebobolan menit ke-12. Ialah Minh Tuan Vu yang lolos dari kawalan dan melepaskan tendangan dari jarak dekat. 2-0 Vietnam unggul.

Skuat Garuda mencoba memberikan perlawanan untuk perkecil kedudukan. Menit ke-16 Andik Vermansah mendapat peluang emas, tetapi dia lebih memilih untuk melakukan tendangan salto yang bolanya jauh di atas gawang Vietnam.

Penantian panjang timnas Indonesia akhinrya terjawab menit ke-25. Ialah Zulham Zamrun yang berhasil melakukan tendangan bebas cantik yang meluncur ke gawang Vietnam.

Dua menit kemudian gantian Irfan Bachdim yang mencatatkan namanya di papan skor. Bachdim dengan cermat menyerobot bola liar dan masuk ke gawang Vietnam.

Boaz Solossa nyaris ikut catatkan namanya di papan skor menit ke-38. Berawal dari umpan manis Evan Dimas, Boaz sukses menyundul bola dengan cantik. Namun, sayang arahnya masih kurang tepat.

Kapten Persipura Jayapura ini kembali mengancam menit ke-43. Namun, tendangan dari luar kotak pinalti Boaz masih mampu di blok bek-bek Vietnam.

Hingga jeda, skor imbang 2-2 tak berubah. Pada paruh kedua ini, Skuat Garuda langsung tancap gas. Berbeda kala mereka memulai pertandingan babak pertama lalu.

Timnas bahkan mendapat dua peluang emas sekaligus pada awal-awal babak kedua. Pertama tendangan Evan Dimas yang bisa diblok, dan kemudian sepakan kaki kanan Boas di depan kotak masih bisa diblok.

Indonesia mendominasi pertandingan malam ini. Setelah gagal menusuk dari sisi kiri, Indonesia beralih ke sisi kanan. Sodoran Bayu kepada Boas diakhiri dengan sebuah sepakan kaki kiri namun arahnya masih jauh dari sasaran.

Vietnam coba menekan menit ke-72 melaui Lee Cong Vinh. Namun Andritany kali ini bisa membaca pergerakan bola dengan baik.

Riski Pora nyaris membuat Indonesia balik unggul menit ke-77. Melalui aksi individunya, Rizky sukses menendang bola, tetapi masih bisa dibaca oleh kiper Vietnam.

Padsa menit ke-87, Lerby Eliandry mendapatkan umpan manis dan bisa menyundul bola. Namun sayangnya dia berada dalam posisi offside.

Hingga peluit panjang ditiupkan, skor imbang 2-2 tak berubah. Pada laga persahabatan selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Myanmar di Yangon pada 4 November mendatang. Sebelum tiga hari kemudian gantian bertandang ke markas Vietnam. (Fajar/JPG)

Berikut Susunan Pemain Indonesia vs Vietnam:

Indonesia (4-4-2): 22-Andritany Adhiyasa; 2-Benny Wahyudi, 4-Abdul Rachman (3-M Abduh Lestaluhu 46′), 16-Fahrudin Wahyudi, 13-Rudolof Yanto Basna; 6-Evan Dimas (27-Septian David Maulana 83′), 8-Dedi Kusnandar(19-Bayu Pradana 46′), 21-Andik Vermansah, 10-Zulham Zamrun (14- Rizki Pora 64′); 7-Boaz Solossa (9-Lerby Eliandry 76′), 17-Irfan Bachdim (11-Ferdinand Sinaga 76′).

Pelatih: Alfred Riedl

Vietnam (4-4-2): 1-Trean Nguyen Manh (22-Tuan Linh Huynh 46′); 2-Au Van Hoanv, 3-Troung Dinh Luat, 4-Dinh Tien Thanh, 5-SamNgoc Duc; 6-Vu Minh Tuan, 7-Ngo Hoang Thinh (25-Vo Hoay Tun 87′), 8-Nguyen Trong Hoang (21-Nguyem Van Tan 52′), 11-Pham Than Loung (28-Dinh Thanh Tung 58′); 10-Nguyen Van Quyet(12-Hoang Dinh Tung 70′), 19-Le Van Thang (9-Lee Chong Vinh 53′) .

Pelatih: Nguyen Huu Thang

loading...

Most Popular

To Top