Waduh.. Materazzi Ungkap Lima Rahasia Mourinho yang Tidak Diketahui Orang – FAJAR sport
Sportainment

Waduh.. Materazzi Ungkap Lima Rahasia Mourinho yang Tidak Diketahui Orang

FAJAR SPORT, ITALIA – Mantan Pemain Timnas Italia Marco Materazzi, membeberkan lima rahasia pelatih Manchester United (MU) Jose Mourinho yang tidak diketahui oleh banyak orang.

Lima rahasia Mourinho ini diketahui oleh Materazzi saat menjadi anak buahnya di Inter Milan pada 2008 silam. Menurut Materazzi, rahasia Mourinho inilah yang selalu membawa keberuntungan bagi pelatih berkebangsaan Portugal tersebut.

Lima rahasia Mourinho yang diketahui oleh Materazzi bukanlah sesuatu yang aib, namun lebih kepada cara menangani tim atau klub meraih prestasi di lapangan hijau. Menurut Materazzi, lima rahasia yang sering diterapkan oleh Mourinho untuk anak asuhnya adalah, Pendorong, Kepandaian, pengetahuan, pengalaman dan empati.

Baca Juga: Madrid Utamakan Empat Pemain Ini Untuk Perpanjang Kontrak Baru

Mourinho, kata Materazzi adalah pelatih terbaik di dunia, bahkan dia mengalahkan tiga pelatih terbaik lainnya, yakni Pep Guardiola, Carlo Ancelotti, Marcelo Lippi, dan di bawah kempat pelatih ini ada Antonio Conte dan Jorgen Klopp.

“Saya dapat memberitahu Anda bahwa Mourinho dan Lippi adalah yang terbaik, menurut pendapat saya, bukan hanya karena hasil cukup jelas, tetapi karena saya mengalami mereka dari close-up,” kata Materazzi La Gazzetta dello Sport.

“Sebagai pendorong, ia dapat berkembang biak energinya. Mourinho mampu membuat perubahan kepada kami saat mengalami kekalahan daro Catania 3-1, dan berikutnya ia membantai kita semua dari yang terkuat ke lemah. Setelah mendapat hasil tersebut, kita berangkan ke London untuk menghadapi Chelsea, dan kami mampu mengalahkan mereka,” jelasnya.

Mourinho mampu membaca perasaan anda, bahkan yang tersembunyi, hingga masuk ke dalam pikiran anda. “Kepintaran, ia menekan semua tombol yang tepat, bukan hanya pemainnya. Aku belum pernah melihat orang yang begitu ilmiah dalam memprovokasi lawan-lawannya, begitu baik dalam membuat mereka gugup,” akui Materazzi.

Namun, Mourinho kadang membuat hal-hal yang kontroversi yang membuat tim sedikit menurun kepercayaan diri, tetapi sebagai pelatih terbaik, dia juga yang menjadi perisai sempurna kepada anak buahnya. “Tapi dia melampaui. Kadang-kadang ia memakan kontroversi, tapi dia selalu menjaga tim jauh dari itu. Dia perisai sempurna,” ujarnya.

Pelatih bertalenta itu memiliki kemampuan yang tidak diragukan lagi, ia bisa melihat kemampuan setiap pemainnya dalam waktu secepat, dan langsung mengambil keputusan untuk menurunkan atau tidak menurunkan pemain ke lapangan.

“Pengetahuan, setelah bekerja pada taktik mereka selama seminggu, ia tahu semua tentang mereka. Dan ia dapat mengambil langkah di lapangan siap untuk membuat permainan anda, dan juga untuk istirahat mereka. Pengalaman, Mourinho tahu bagaimana untuk menang, karena dia sering melakukan hal itu, dan yang pada gilirannya adalah karena ia mulai memenangkan begitu awal,” bebernya.

“Rahasianya adalah untuk memulai karirnya ketika ia masih muda, dengan pikiran Coach ketika ia adalah asisten sederhana. Empati, itulah hal pertama yang ia berusaha keluar dengan timnya, kondisi yang mutlak diperlukan untuk membangun kelompok yang kuat, salah satu yang bersatu dan tidak memiliki retak. Itulah yang menyebabkan Anda untuk melawan segala sesuatu dan semua orang,” tutup Materazzi. (Aiy/Fajar)

loading...

Most Popular

To Top