Hasil Kualifikasi MotoGP Inggris: Marquez Jatuh, Rossi Kedua – FAJAR sport
MotoGP

Hasil Kualifikasi MotoGP Inggris: Marquez Jatuh, Rossi Kedua

FAJAR SPORT, LONDON – Kualifikasi MotoGP Inggris di Silverstone, Sabtu (3/9) malam WIB berlangsung dramatis. Di atas lintasan yang basah sejak free practice keempat, seluruh rider masih menggeber kencang sepeda motornya meski resiko terpeleset dan jatuh berada di depan mata.

Dan itu terbukti. Sejumlah crash terjadi bahkan di detik-detik akhir waktu kualifikasi tuntas. Saling salip catatan waktu berlangsung sengit.

Juara bertahan Jorge Lorenzo yang tampil kurang ganas sejak free practice pertama, sempat menorehkan waktu terbaik. Namun hanya sesaat.

Maverick Vinales, rider Suzuki yang akan menggantikan tempat Lorenzo di Yamaha musim depan, mencatatkan waktu lebih baik lagi.

Namun nama Vinales juga hanya sesaat berada di atas. Tak lama berselang Marc Marquez yang menguasai free practice ketiga dan keempat tampak beringas di kondisi trek yang basah dan ‘gerimis mengundang’.
MotoGP Inggris

Rider MotoGp terjatuh. (Instagram)

MotoGP-Inggris

Perhatian sempat tertuju kepada Marquez. Komentator dalam livestreaming juga sempat memprediksi Marquez akan mematahkan waktu Vinales.

Namun di saat menunggu Marquez melakukan lap terbaiknya, nama rider lain justru muncul mengudeta Vinales. Dia adalah Cal Crutchlow. Ya, pembalap tuan rumah itu menempatkan dirinya di tempat teratas.
Marquez jatuh

Pebalap Honda Marquez jatuh. (Instagram)

Marquez-jatuh

Namun kualifikasi belum selesai. Semua masih punya kesempatan. Di saat lagi seru-serunya, rider Ducati, Andrea Dovizioso terjatuh dan tampaknya mengeluh kesakitan membuat tim Ducati khawatir. Eugene Laverty juga mengalami insiden.

Nah, puncak dari insiden itu memang adalah Marquez. Rider Repsol Honda ini sempat berhasil membukukan waktu terbaik kedua di bawah Crutchlow. Namun setelah melewati akhir lap, Marquez hilang kendali dan terjatuh.

Marquez akhirnya tak bisa melanjutkan kualifikasi memperbaiki waktunya. Padahal masih cukup banyak waktu.

Rossi!! Ya, Valentino Rossi meski tak mencolok di sesi ini, ternyata mampu tampil tenang menghanyutkan. Catatan waktunya berhasil menggeser Marquez dan Vinales. Rossi hanya masih kurang cepat dibanding Crutchlow. Nama terakhir itu akhirnya berhak atas pole position alias start terdepan di balapan besok.

Drama kualifikasi ditutup dengan kejutan Dani Pedrosa yang tiba-tiba galak, dan berhasil mencatatkan waktu terbaik dibanding Marquez. Sengit. Hasil kualifikasi ini setidaknya bisa menggambarkan bagaimana race berjalan Minggu (4/9) besok.

Hasil kualifikasi MotoGP Inggris (Q2)

No. Rider Negara Tim (bike) Waktu

1. Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 2m 19.265s

2. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 2m 20.263s

3. Maverick Vinales ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 2m 20.514s

4. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) 2m 20.742s

5. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) 2m 20.779s

6. Eugene Laverty IRL Aspar MotoGP Team (Desmosedici GP14.2) 2m 20.821s

7. Scott Redding GBR Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15) 2m 21.074s

8. Andrea Iannone ITA Ducati Team (Desmosedici GP) 2m 21.446s

9. Jorge Lorenzo ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 2m 21.687s

10. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici GP) 2m 22.420s

11. Aleix Espargaro ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 2m 25.285s

12. Jack Miller AUS Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (RC213V) No Time

(adk/jpnn/adi)

loading...

Most Popular

To Top